Kamis, 04 Februari 2016

Cara Merawat Perhiasan Perak Agar Tetap Mengkilap

Cara Merawat Perhiasan Perak Agar Tetap Mengkilap - Perak merupakan salah satu jenis logam mulia yang banyak disukai orang, salah satunya dijadikan sebagai perhiasan. Harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan emas, membuat logam yang satu ini dijadikan pilihan alternatif, terutama bagi para penggemar batu mulia atau batu akik. Seperti cara merawat perhiasan emas agar tetap berkilau yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, maka untuk merawat perhiasan perak juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Untuk menjaga keindahan dan kilaunya, maka cara membersihkan perak harus dilakukan secara tepat agar tidak merusaknya, dan karena bahannya yang mudah pudar maka Anda juga harus melakukannya secara rutin. Selain menggunakan bahan khusus pembersih perak yang bisa Anda dapatkan di toko-toko perhiasan, Anda juga dapat menggunakan bahan alternatif lain. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan :

- Menggunakan Pasta Gigi
Gunakan pasta gigi yang tidak mengandung bahan pemutih. Siapkan pasta gigi secukupnya, oleskan pada perak secara merata. Gosok dengan menggunakan kain berbahan lembut, lakukan dengan gerakan lurus maju dan mundur. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk berbahan halus dan lembut. Pastikan tidak ada lagi pasta gigi yang masih melekat.

- Menggunakan Soda Kue
Siapkan bubuk soda kue secukupnya, kemudian campukan dengan air secukupnya hingga bubuk tersebut mengental. Oleskan pada perak secara merata. Gosok dengan menggunakan kain berbahan lembut, lakukan dengan gerakan lurus maju dan mundur. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk berbahan halus dan lembut. Pastikan tidak ada lagi krim soda kue yang masih melekat.

- Menggunakan Larutan Garam
Siapkan garam seperlunya, campurkan dengan soda kue secukupnya kemudian masukan kedua bahan tersebut kedalam mangkuk berisi air hingga larut. Sebelumnya pastikan mangkuk atau wadah air telah dialasi dengan alumunium foil. Rendam perhiasan perak seperti cicin, gelang dan kalung kedalam larutan tersebut, pastikan batu permata yang ada tidak terpengaruh oleh larutan tersebut. Diamkan untuk beberapa saat, setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk berbahan lembut.

- Menggunakan Larutan Cuka
Siapkan setengah cangkir cuka, tambahkan dengan 2 sendok makan baking soda. Rendam perhiasan perak seperti cincin, kalung atau yang yang dapat masuk kedalam cangkir tersebut, pastikan batu permata yang ada tidak terpengaruh oleh larutan tersebut. Diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk berbahan halus dan lembut.

- Menggunakan Cairan Pencuci Piring
Siapkan air hangat didalam sebuah mangkuk atau wadah, tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring, kemudian aduk hingga tercampur rata. Rendam perhiasan perak Anda selama 15 menit, pastikan batu permata yang ada tidak terpengaruh oleh larutan tersebut. Setelah itu, angkat dan gosok setiap sudut dan celah dari perak Anda dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut. Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. 

Selalu bersihkan setiap kali selesai menggunakan perhiasan atau perabotan perak Anda. Pastikan untuk menyimpannya dalam keadaan kering. Untuk menjaganya agar tidak mudah kusam dan warnanya tidak memudar, sering-seringlah memakainya dan jangan terlalu lama menyimpannya. Sebaiknya olesi dulu perak Anda dengan minyak zaitun pada saat Anda ingin menyimpannya. Simpan perak Anda ditempat yang sejuk, kering dan kedap udara untuk mencegah oksidasi.

Itulah Cara Merawat Perhiasan Perak Agar Tetap Mengkilap yang bisa Anda lakukan. Jika perak Anda memiliki nilai historis dengan harga yang tinggi seperti koin perak peninggalan masa lalu dan sejenisnya, sebaiknya perak tersebut dibiarkan apa adanya dan jangan dicuci, agar nilai historis dan harganya tidak mengalami penurunan. Untuk hasil yang terbaik, bawa perhiasan perak Anda ke tempat pencucian perak. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook