Selasa, 02 Februari 2016

Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Berkilau

Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Berkilau - Siapa yang tidak mengenal emas, sebuah benda dengan kilaunya yang sangat menggoda setiap mata yang memandangnya. Seperti pada benda umum lainnya, emas juga dapat dihinggapi kotoran yang tentunya hal tersebut dapat mengurangi pancaran kilaunya. Bagi Anda yang memiliki perhiasan emas seperti kalung, gelang, atau cicin, sebaiknya selalu menjaga dan membersihkan perhiasan emas tersebut dari keringat dan debu yang menempel setelah memakainya.

Untuk melakukan perawatan perhiasan emas sangat mudah dilakukan dan tidak perlu membawa perhiasan itu ke tempat jasa pembersih emas, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini adalah tips merawat perhiasan emas yang dapat Anda lakukan.

Mencuci Perhiasan Emas
- Tuangkan air hangat secukupnya kedalam sebuah wadah atau mangkuk
- Tambahkan sedikit cairan pencuci piring, kemudian aduk hingga tercampur rata.
- Rendam perhiasan emas Anda kedalam larutan tersebut, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
- Setelah dilakukan perendaman, angkat dan gosok setiap sudut dan celah perhiasan itu dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut.
- Bilas perhiasan dengan menggunakan air bersih dan hangat. Pastikan tidak ada lagi sisa sabun pembersih yang masih melekat.
- Keringkan perhiasan dengan kain yang lembut, kemudian letakan diatas kain tersebut dan biarkan terkena angin hingga perhiasan Anda benar-benar kering.

Selain menggunakan cairan pencuci piring, Anda juga dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan perhiasan Anda. Caranya adalah sebagai berikut :

- Siapkan pasta gigi secukupnya dan letakan kedalam sebuah wadah atau mangkuk kecil.
- Tambahkan dengan sedikit air agar pasta gigi mencair dan tidak terlalu kental.
- Gunakan sikat berbulu lembut, tempelkan pada pasta gigi kemudian gosok setiap sudut dan celah perhiasan secara lembut.
- Bilas dengan menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada sisa pasta gigi yang melekat.
- Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain yang lembut.

Membersihkan perhiasan emas yang memiliki permata
Apabila permata yang ada pada perhiasan Anda tidak dilekatkan dengan menggunakan lem, maka dapat dibersihkan dengan cara merendamnya seperti cara mencuci perhiasan emas yang telah diuaraikan diatas. Namun jika permata yang dipasang menggunakan lem, yang tidak bisa dicuci dengan cara direndam, maka lakukan cara berikut ini :

- Tuangkan air bersih kedalam sebuah wadah atau mangkuk
- Tambahkan cairan pembersih piring secukupnya, kemudian aduk hingga tercampur rata.
- Ambil kain bersih yang lembut, celupkan kedalam larutan tersebut kemudian gosokan pada perhiasan Anda secara perlahan. Untuk bagian yang sulit terjangkau seperti pada bagian sela-sela permata, gunakan sikat gigi yang berbulu lembut, namun jangan terlalu basah.
- Bilas dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air bersih. Tempelkan pada perhiasan secara lembut untuk menyerap sisa sabun pembersih yang melekat hingga bersih.

Demikian Cara Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Bekilau yang bisa Anda lakukan di rumah. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus emas yang dapat Anda beli di toko emas, atau jika emas Anda memiliki nilai jual yang tinggi, sebaiknya membawa perhiasan emas tersebut ke tenaga ahli pembersih emas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook