Senin, 15 Februari 2016

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Dalam Bekerja

Cara Mengatasi Rasa Jenuh Dalam Bekerja - Rutinitas yang dilakukan setiap orang dalam melakukan pekerjaannya, terutama bagi mereka yang bekerja didalam kantor sebuah perusahaan, tentunya dapat menimbulkan kejenuhan dalam diri orang tersebut. Perasaan jenuh yang dialami seorang pekerja akan membuat semangat kerja orang tersebut berkurang, emosi menjadi tidak stabil dan tentunya performa kerja orang tersebut akan menurun. Sebagai seorang pekerja yang baik, tentunya Anda akan mencari cara menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja dengan melakukan hal apa saja agar rasa jenuh itu hilang dan gairah kerja bangkit kembali.

Untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja sebaiknya Anda mengetahui dulu penyebab timbulnya perasaan tersebut, dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada. Agar kejenuhan Anda dapat segera teratasi, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

1. Melakukan refreshing
Pekerjaan yang monoton serta suasana kerja yang begitu-begitu saja sering menjadi penyebab munculnya perasaan yang membosankan. Lupakan sejenak semua urusan pekerjaan Anda, luangkan waktu untuk melakukan refreshing dengan mengunjungi tempat-tempat dengan suasana alam yang terbuka seperti pantai, pegunungan atau ke tempat dimana Anda akan merasa terhibur.

2. Mengatur ulang tata letak tempat kerja
Mengatur ulang tempat kerja seperti merubah posisi meja, mengganti atau merubah letak aksesoris dinding, memasang foto anak, istri, suami atau bahkan pacar, dan segala perubahan lainnya. Hal tersebut tentunya akan menciptakan suasana baru dan akan membangkitkan semangat baru dalam bekerja. Anda juga dapat selalu mengganti pengharum ruangan dengan aroma yang lain, agar Anda merasakan susana yang berbeda-beda.

3. Mencari kegiatan lain di luar pekerjaan
Melakukan pekerjaan yang itu-itu saja tentunya dapat membuat Anda sering merasa jenuh. Untuk itu, sebaiknya Anda mempunyai kegiatan lain yang tidak ada hubungannya samasekali dengan pekerjaan Anda. Carilah kegiatan yang tidak mengganggu waktu dan konsentrasi Anda terhadap pekerjaan utama Anda. Contohnya dengan membuka usaha sampingan yang bisa dilakukan dirumah setelah pulang kerja, yang tentunya hal itu juga akan dapat menambah penghasilan Anda.

4. Bertanya pada diri sendiri, untuk apa Anda bekerja ?
Kejenuhan dalam bekerja merupakan sebuah perasaan yang wajar dan pasti dialami oleh setiap orang. Ketika Anda merasakan hal tersebut, cobalah Anda bertanya pada diri Anda sendiri, untuk apa Anda bekerja dan mengapa Anda harus bekerja ? Apakah Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda, istri dan anak Anda tanpa harus bekerja ? Simpan jawabannya untuk diri Anda sendiri.

Itulah Cara Mengatasi Rasa Jenuh Dalam Bekerja yang dapat Anda lakukan. Rasa jenuh akan tetap ada dan bisa muncul kapan saja, namun sebagai seorang pekerja yang bertanggung jawab, Anda diharuskan untuk dapat mengatasinya dengan baik agar tidak menghambat kerja Anda dan tetap bersemangat saat bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook