Kamis, 28 Januari 2016

Cara Membuat Widget Random Post Di Blog

Cara Membuat Widget Random Post Di Blog - Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang cara membuat widget artikel terbaru atau recent post yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat widget random post untuk blog yang juga dapat dengan mudah Anda lakukan. Random post adalah sebuah widget yang akan menampilkan beberapa dari judul artikel-artikel blog secara acak, baik yang terdahulu maupun yang terbaru. Setiap kali pengunjung blog membuka judul artikel yang berbeda, maka widget ini akan menampilkan beberapa judul artikel yang berbeda-beda dari artikel yang sebelumnya. Dengan begitu, pengunjung blog dapat dengan mudah mengetahui artikel-artikel blog Anda.

Untuk membuat random post dan menempatkannya kedalam blog tidaklah sulit. Jika Anda ingin membuatnya, lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke bagian tata letak blog Anda.
2. Klik "Tambahkan Gadget".
3. Klik "HTML/JavaScript".
4. Tuliskan judul widget Anda dengan nama Random Post.
5. Masukan kode/script kedalam kolom konten.
6. Klik "Simpan".

Berikut ini adalah script yang dapat Anda gunakan untuk membuat widget  random post di blog. Silahkan copy dan paste kedalam kolom konten widget blog Anda.

<style type='text/css'> #random-posts { list-style: none; margin: 0; padding: 0; } #random-posts li { padding: 0 0 5px 0; font-size:16px; margin: 5px 0; border-bottom: 1px solid rgba(0, 0, 0, 0.1); } #random-posts li a:hover { color: #39a6f3; } #random-posts li a { text-decoration: none; font-weight: 400; font-size: 14px; color: #444; line-height: 1.4em; transition: all ease-in-out .1s; } </style> <ul id="random-posts"></ul> <script type='text/javascript'> //<![CDATA[ var homePage = "https://Nama Blog.blogspot.com/", numPosts = 5; function randomPosts(a){if(document.getElementById("random-posts")){var e=shuffleArray(a.feed.entry),title,link,img,content="",ct=document.getElementById("random-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<strong><li class="random-posts"><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank">'+title+'</a></li></strong>'}ct.innerHTML=content}}function shuffleArray(arr){var i=arr.length,j,temp;if(i===0)return false;while(--i){j=Math.floor(Math.random()*(i+1));temp=arr[i];arr[i]=arr[j];arr[j]=temp}return arr}var random_post=document.createElement('script');random_post.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results=999&callback=randomPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(random_post); //]]> </script>

Ganti "Nama Blog" dengan nama blog Anda. Angka yang berwarna biru adalah jumlah post yang akan ditampilkan, ganti sesuai dengan keinginan Anda.

Demikian Cara Membuat Widget Random Post Di Blog yang dapat Anda lakukan. Pastikan random post yang Anda buat dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu kecepatan loading blog Anda. Semoga artikel ini berguna untuk Anda.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook