Sabtu, 21 Maret 2015

Cara Alami Menyembuhkan Panu

Cara Alami Menyembuhkan Panu - Panu atau dalam istilah kedokteran disebut Tinea Versicolor adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dan berdampak pada kulit. Penyakit ini bisa timbul pada wajah, leher, punggung, lengan dan pada bagian-bagian tubuh yang lainnya. Gejala timbulnya panu diawali dengan adanya bercak putih pada kulit dan sering menimbulkan rasa gatal. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menular. Penularan dapat terjadi apabila seseorang melakukan kontak kulit secara langsung dengan penderita panu, atau dengan media lain seperti pakaian yang telah kotor, dll.

Bila Panu tidak segera diobati, maka panu akan dapat menyebar keseluruh kulit tubuh dengan cepat. Panu juga dapat menggangu penampilan Anda, terutama bila terdapat di wajah Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk menyembuhkan panu yang dapat digunakan :

Menggunakan lengkuas
Siapkan beberapa lengkuas kemudian parut lengkuas tersebut hingga halus. Anda dapat menggunakan parutan lengkuas tersebut secara langsung atau memerasnya terlebih dahulu, kemudian olesakan ke area tubuh yang terkena panu secara merata. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga panu tersebut hilang dari tubuh Anda.

Menggunakan belerang
Siapkan belerang secukupnya, kemudian tumbuk belerang tersebut hingga halus. Siapkan juga beberapa buah jeruk nipis, kemudian peras jeruk tersebut. Siapakan juga minyak kelapa sebagai bahan tambahan lalu campurkan belerang yang sudah ditumbuk dengan perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Oleskan ke area tubuh yang terkena panu secara merata. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga panu tersebut hilang dari tubuh Anda.

Menggunakan bawang putih
Siapkan satu buah bawang putih lalu potong menjadi dua bagian. Gosokan bagian potongan bawang putih pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan hal tersebut setiap pagi dan sore hingga panu tersebut hilang dari tubuh Anda.

Menggunakan cuka apel
Siapkan 1 sendok makan cuka apel dan secangkir teh (jangan teh manis). Campurkan cuka apel tersebut ke dalam secangkir teh lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan ke area tubuh yang terkena panu secara merata. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga panu ditubuh Anda menghilang.

Menggunakan belimbing wuluh
Siapkan beberapa belimbing wuluh / belimbing sayur, kemudian haluskan. Campurkan belimbing wuluh yang telah halus tersebut dengan air kapu sirih, lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan ke area tubuh yang terkena panu hingga merata. Lakukan hal tersebut setiap pagi dan sore secara teratur hingga panu ditubuh Anda menghilang.

Itulah beberapa cara alami menyembuhkan panu. Jika panu tidak juga sembuh, sebaiknya Anda mengunjungi Dokter Kulit untuk memeriksakan penyakit panu Anda dan melakukan pengobatan secara lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook