Sabtu, 14 Maret 2015

Cara Memulai Bisnis Restoran

Cara Memulai Bisnis Restoran - Restoran merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati orang. Dengan banyaknya orang yang ingin menikmati berbagai jenis makanan dan berkumpul bersama keluarga, teman atau mitra bisnis, membuat bisnis restoran semakin merebak dimana-mana. Makan bersama sambil membicarakan hal-hal yang menyenangkan atau membicarakan sebuah bisnis adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh setiap orang. Lalu bagaimana caranya untuk memulai bisnis restoran dan mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut ?

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan bisnis restoran maka Anda harus mengetahui bagaimana cara memulainya. Sebagai permulaan Anda harus telah memiliki pengetahuan tentang restoran itu sendiri. Apa itu restoran dan apa manfaat dari restoran itu merupakan sesuatu yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis restoran Anda :

Menyiapkan uang Anda
Anda harus telah memiliki uang sebagai modal yang akan digunakan untuk kebutuhan bisnis restoran Anda. Uang yang Anda miliki akan berpengaruh pada jenis restoran yang ingin Anda buka seperti Fast Food, Bistro, restoran mewah bertaraf internasional atau membuka restoran sederhana, yang semuanya itu membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Perlu Anda ingat, bisnis restoran juga merupakan bisnis yang mempunyai resiko kerugian yang tinggi. Sesederhana apapun restoran yang akan Anda buka, sebaiknya siapkan uang yang lebih.

Pemilihan lokasi
Pemilihan lokasi yang tepat adalah salah satu yang akan membuat bisnis restoran Anda berkembang. Pemilihan lokasi haruslah yang strategis, berada di keramaian dan memiliki akses jalan yang bagus. Hal tersebut akan membuat restoran Anda mudah terlihat oleh orang lain dan memudahkan orang yang akan berkunjung ke restoran Anda.

Menyiapkan tempat restoran
Anda dapat menyewa atau membeli tempat untuk membuka restoran Anda. Lakukan dekorasi interior yang baik agar pengunjung dapat menjadi nyaman saat makan di restoran Anda. Hindari tempat Anda dari kerusakan sekecil apapun, seperti adanya ke bocoran, dinding yang retak-retak, dll. Jika tempat restoran Anda tidak berada di sebuah gedung, sebaiknya tempat itu memiliki lahan parkir yang memadai, agar para pengunjungnya tidak kesulitan memarkirkan kendaraan miliknya.

Menyiapkan koki restoran
Koki restoran mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberhasilan usaha restoran Anda. Ramai tidaknya pengunjung yang datang, tergantung dari enak tidaknya masakan yang disajikan. Pilihan menu makanan yang beraneka ragam dapat menjadi daya tarik tersendiri bagai para pengunjung. Koki restoran yang ada haruslah yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan tentang berbagai resep jenis masakan.

Menyiapkan  pegawai restoran
Carilah pegawai restoran yang sudah berpengalaman, berpenampilan menarik dan pandai berkomunikasi. Salah satu pelayanan restoran yang dapat memuaskan pengunjungnya adalah keramahan dari pegawai restoran itu sendiri.

Mengurus izin usaha
Sebagai seorang yang taat hukum, sebaiknya daftarkan bisnis restoran Anda ke lembaga terkait agar Anda memiliki legalitas usaha. Legalitas atau bukti kepemilikan usaha yang sah sangat bermanfaat sebagai sarana perlindungan hukum bagi restoran Anda seperti adanya penertiban atau pembongkaran. Jika Anda memiliki tempat usaha sendiri, sebaiknya segera mengurus izin usaha agar Anda terlindungi secara hukum.

Itulah cara memulai bisnis restoran yang dapat Anda lakukan. Jika masih merasa kesulitan, Anda dapat menggunakan jasa konsultan restoran untuk membangun bisnis Anda. Menjalankan bisnis restoran memerlukan sebuah strategi yang baik serta perhitungan yang cermat. Ingat, masakan hari ini untuk disajikan hari ini, dan tidak untuk esok hari. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook