Minggu, 22 Maret 2015

Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Cara Mendidik Anak Dengan Baik - Kehadiran seorang anak adalah sesuatu yang sangat didambakan oleh setiap orang tua, terutama bagi mereka yang baru membina rumah tangga. Mereka berharap kelak anaknya akan tumbuh berkembang menjadi anak yang soleh, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi agama, bangsa dan negaranya. Setiap orang tua selalu berusaha memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya, namun adakalanya sang anak tidak menjadi seperti apa yang diharapkan. Pengorbanan orang tua seakan menjadi sia-sia, ketika anak yang didambakannya bertindak durhaka terhadap mereka.

Mendidik seorang anak haruslah diawali sejak mereka berusia dini, dan diawali di lingkungan keluarganya. Seorang anak akan menjadi baik apabila lingkungan keluarganya baik. Keluarga adalah tempat pertama mereka mendapatkan pendidikannya. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mendidik anak, agar mereka dapat menjadi seorang anak yang baik dan berguna bagi semua orang :

1. Memberikan pendidikan agama
Membekali anak dengan pendidikan agama merupakan hal yang terpenting, agar mereka dapat menjalani kehidupan ini secara benar. Kenali anak sejak dini dengan agama, ajarkan mereka untuk selalu rajin beribadah. Dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan, maka kelak anak Anda dapat membatasi dirinya dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang, dan selalu berada dijalan kehidupan yang benar. Agama akan mengajarkan kepada anak Anda tentang berbagai hal positif yang berguna dalam kehidupannya seperti sifat penolong, sopan santun, dan berbagai sifat positif lainnya.

2. Menghindari pertengkaran di depan anak
Dalam kehidupan rumah tangga, pertengkaran antara  suami dan istri terkadang dapat terjadi. Banyak alasan yang dapat menyebabkan terjadinya pertengkaran  tersebut. Jika pertengkaran tersebut harus terjadi, sebaiknya jangan melakukannya didepan anak. Anak akan merekam setiap tingkah pola kedua orang tuanya, apalagi jika pertengkaran itu diiringi dengan perkataan-perkataan yang kasar serta adanya sikap main tangan, maka hal tersebut dapat menyebabkan anak memiliki sikap yang kasar dan emosional.

3. Mendapatkan pendidikan di sekolah
Agar seorang anak dapat memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan yang memadai, sebaiknya masukan anak Anda ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Sekolah tidak hanya sebagai sarana menuntu ilmu, tetapi sekolah juga dapat membentuk mental anak menjadi lebih kuat dan memiliki rasa tanggung jawab serta tingkat kedisiplinan yang baik. Mendapatkan pendidikan di sekolah akan sangat bermanfaat bagi ketrampilan dan kemampuan anak dalam menjalani bidang pekrjaannya.

4. Jangan memaksakan kehendak kepada anak
Sebagai orang tua, tentu menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses dalam kehidupan ini. Mengarahkan sang anak untuk menjadi Sarjana, Dokter, Insinyur dan lainya adalah tindakan yang sering dilakukan oleh orang tua, bahkan untuk itu sang anak diharuskan untuk sekolah di luar negeri. Menghendaki anak agar menjadi orang yang sukses adalah sikap orang tua yang baik, tetapi bila harus mamaksakan hal tersebut kepada anak, maka anak Anda akan cendrung memiliki sikap pemberontak. Biarkan anak memilih apa yang dikehendakinya, jangan memaksakan kehendak Anda kepada anak, bimbinglah anak Anda agar tidak menyimpang dari jalan kebaikan.

Itulah beberapa cara mendidik anak dengan baik. Tanamkan kebaikan kepada anak sejak mereka berusia dini. Jika Anda menginginkan anak Anda menjadi baik, semua itu harus diawali dari diri Anda sendiri. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook