Sabtu, 19 Agustus 2017

Cara Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Baik

Cara Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Baik - Menerima surat pemberitahuan atau panggilan dari sebuah perusahaan untuk datang melakukan interview atau wawancara kerja merupakan hal paling menggembirakan dan sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pelamar kerja. Wawancara merupakan sebuah proses yang akan menentukan bagi seseorang untuk dapat diterima dan bekerja pada sebuah perusahaan, instansi, dsb. Seseorang yang mampu melakukan wawancara kerja dengan baik maka ia memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Untuk mengikuti wawancara kerja dan berhasil melaluinya dengan baik, maka sangat dibutuhkan persiapan mental yang matang untuk menghadapi setiap pertanyaan yang akan diajukan. Bagi Anda yang akan mengikuti wawancara kerja, berikut ini beberapa cara menghadapi interview kerja bagi pemula agar berhasil dan mendapatkan pekerjaan :

Perbaiki Penampilan
Ketika Anda memasuki ruangan untuk melakukan wawancara kerja, maka penampilan Anda menjadi fokus pertama yang menjadi perhatian. Oleh sebab itu Anda harus memperbaiki penampilan Anda, terutama dalam hal berpakaian. Jangan menggunakan pakaian, celana atau sepatu yang berwarna sangat mencolok, apalagi menggunakan celana jeans dan kaos. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian formal yaitu setelan kemeja dan celana yang berwarna lembut. Jangan lupa untuk merapihkan rambut Anda serta hal-hal lain yang menunjang penampilan Anda.

Datang Tepat Waktu
Waktu merupakan hal yang sangat diperhatikan sebagai bentuk kedisiplinan seseorang. Datang tidak tepat waktu atau terlambat akan merusak jadwal interview yang sudah ditetapkan, sehingga Anda akan dianggap tidak bertanggung jawab dan tidak disiplin. Untuk menghindari hal itu, maka datanglah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, atau Anda bisa mencoba untuk datang lebih awal dan kemudian memastikan kembali kesiapan Anda.

Bersikap Sopan Santun
Ketika Anda dipanggil masuk kedalam ruangan untuk melakukan interview, maka sebelum Anda memasukinya sebaiknya ketuk pintu terlebih dahulu, meskipun pintunya sudah dalam keadaan terbuka dan tetaplah ditempat hingga Anda dipersilahkan masuk. Saat Anda masuk, berikan salam penghormatan sambil diiringi senyuman, jangan lupa untuk berjabatan tangan dan tunggu hingga Anda dipersilahkan duduk. Jangan mengawali pembicaraan sebelum ditanya.

Jawab Setiap Pertanyaan Secara Singkat dan Jelas
Pada saat Anda ditanya, jangan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang panjang lebar, apalagi dengan suara yang terbata-bata. Jawab setiap pertanyaan secara singkat dan jelas. Jangan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang menimbulkan pertanyaan baru atau jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan sehingga membingungkan penanya.

Tunjukan Semangat dan Antusias Kerja
Ceritakan tentang kemampuan dan pengalaman kerja Anda dengan penuh semangat, namun jangan melakukannya secara berlebihan. Tanamkan keyakinan bahwa Anda sanggup bekerja secara sungguh-sungguh sesuai dengan bidang ilmu yang Anda kuasai untuk memajukan perusahaan. Tunjukan expresi wajah Anda yang ceria dan penuh semangat.

Ucapkan Terima Kasih dan Salam
Setelah wawancara selesai dan sebelum Anda meninggalkan ruangan maka ucapkanlah terima kasih sambil Anda menjabat tangan orang yang mewawancarai Anda. Jangan lupa untuk mengucapkan salam penghormatan sebelum Anda melangkahkan kaki keluar ruangan.


Itulah Cara Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Baik agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang Anda tuju. Percaya diri merupakan kunci sukses Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook