Selasa, 07 Februari 2017

Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet - Sepatu merupakan salah satu aksesoris penting bagi penampilan seseorang. tidak hanya untuk kaum laki-laki tapi juga untuk kaum wanita. Sepatu yang umumnya disukai dan diminati oleh banyak orang adalah sepatu yang berbahan dasar kulit. Selain memiliki kualitas yang lebih baik, sepatu kulit juga dapat mencerminkan kondisi keuangan pemakainya karena harganya yang terbilang cukup mahal. Sepatu kulit juga perlu mendapatkan perawatan secara khusus, agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.

Bagi Anda yang ingin berpenampilan lebih menarik dan keren, maka menggunakan sepatu kulit menjadi pilihan yang tepat. Namun begitu, sepatu kulit yang tidak terawat dengan baik justru akan merusak penampilan Anda. Berikut ini cara untuk merawat sepatu kulit :

Membersihkan Sepatu Kulit

Bersihkan debu dan kotoran yang melekat pada sepatu Anda dengan menggunakan kain atau sikat berbahan lembut. Gosok sepatu dengan lembut hingga debu dan kotoran menghilang. Jika harus menggunakan air untuk membersihkannya, segera keringkan air yang menempel pada sepatu dengan menggunakan kain lap yang lembut. Jangan menjemur sepatu Anda di dibawah terik matahari secara langsung, sebab hal itu dapat membuat kulit sepatu mengalami kerusakan atau retak-retak. Menjaga kebersihan sepatu kulit harus dilakukan setiap hari.

Menggunakan Spray Anti Air

Hal yang paling dihindari saat Anda menggunakan sepatu kulit adalah terkena air. Air yang mengenai sepatu dapat menyebabkan kulit sepatu menjadi lembab dan juga debu menjadi mudah menempel. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka kulit sepatu Anda akan mudah berjamur dan tentunya akan terlihat kusam. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya Anda menyemprotkan spray anti air secara berkala, misalnya 3-6 bulan sekali. Gunakan spray anti air yang berbahan dasar silikon polimer, semprotkan secara merata keseluruh permukaan kulit sepatu Anda. Spray anti air tersebut akan melindungi sepatu Anda dari air dan noda.

Menggunakan Lotion Pelembab

Untuk melindungi kulit sepatu dari cuaca panas yang dapat menyebabkan kulit sepatu mengalami retak-retak, maka kelembaban kulit sepatu harus selalu terjaga. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelembaban kulit sepatu adalah dengan menggunakan lotion pelembab, misalnya body lotion. Oleskan body lotion pada handuk berbahan lembut, kemudian gosokan secara perlahan keseluruh permukaan kulit sepatu secara merata. Setelah itu bersihkan sepatu dengan menggunakan kain yang lembut hingga sepatu tampak mengkilap.

Menggunakan Semir Sepatu

Semakin lama sepatu digunakan maka warna sepatu kulit Anda dapat memudar. Untuk menjaga warna sepatu kulit agar tidak cepat pudar, maka sebaiknya gunakan semir sepatu. Gunakan semir sepatu yang berkualitas dengan warna semir yang sesuai dengan warna sepatu Anda. Sebelum Anda menyemir sepatu kulit Anda, pastikan bahwa sepatu kulit Anda sudah terbebas dari debu dan kotoran, setelah itu oleskan semir sepatu kulit secara merata. Sebaiknya gunakan semir cair agar semir lebih cepat menyebar secara merata di permukaan kulit sepatu.

Menyimpan Sepatu Kulit

Hal yang tidak kalah penting untuk merawat sepatu kulit adalah penyimpanan sepatu kulit. Sebelum Anda menyimpan sepatu kulit Anda, pastikan bahwa sepatu Anda dalam keadaan kering dan bersih dari kotoran. Jangan menyimpan sepatu kulit di tempat yang lembab, sebab kulit sepatu akan mudah berjamur. Jika ingin menyimpannya didalam kotak khusus, tempatkan silica gel didalamnya agar kulit sepatu tetap kering. Pastikan bahwa sirkulasi udara tempat penyimpanan sepatu berjalan baik. Untuk menghindari sepatu dari tergores, atur jarak antar sepatu dengan baik agar tidak saling berhimpitan.


Demikian Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet yang dapat Anda lakukan. Perawatan yang tepat, akan membuat sepatu Anda terlihat tetap keren. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook