Kamis, 17 Agustus 2017

Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Menarik Perhatian

Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Menarik Perhatian - Selain memiliki keberanian dan mental yang kuat, berbicara didepan umum juga harus memiliki ketrampilan khusus. Banyak orang yang berusaha mencoba untuk berbicara di muka umum, namun karena tidak mengerti caranya maka apa yang ia bicarakan tidak dapat menarik perhatian banyak orang dan bahkan cendrung diabaikan. Untuk itu belajar tentang tata cara berbicara di depan umum sangat diperlukan agar apa yang Anda bicarakan dapat menarik perhatian orang banyak.

Sebelum Anda memulai berbicara di depan umum, pastikan bahwa Anda telah menguasai seluruh materi yang akan Anda sampaikan dengan baik. Pastikan juga bahwa diri Anda telah dalam kondisi tenang dan nyaman. Berikut ini tips berbicara didepan umum agar menarik perhatian orang banyak dan apa yang menjadi tujuan Anda dapat tercapai :

Berbicara Jelas dan Sederhana
Pada saat Anda berbicara didepan umum maka setiap apa yang Anda sampaikan harus terdengar jelas, namun bukan berarti Anda harus berpidato layaknya seorang orator dengan suara keras dan berapi-api. Gunakan kata-kata yang sederhana yaitu kata-kata yang mudah dimengerti oleh para peserta atau audiens Anda. Jangan menggunakan kata-kata yang rumit atau dengan bahasa-bahasa intelektual yang terlalu tinggi. Jangan lupa untuk selalu menyisipkan humor dalam pembicaraan Anda, karena humor akan membantu penyampaian informasi menjadi lebih lembut. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa tubuh Anda seperti gerakan-gerakan tangan, dll.

Tatap Mata Audiens Anda
Pada saat Anda berbicara menyampaikan sebuah penawaran, presentasi atau apa saja, maka pandangan mata Anda jangan hanya fokus pada kertas yang berisi teks materi yang akan disampaikan atau hanya fokus pada layar presentasi saja, namun Anda juga harus melayangkan pandangan mata Anda ke seluruh peserta atau audiens Anda. Tatap mata mereka secara keseluruhan, dengan begitu mereka merasa lebih diperhatikan sehingga mereka akan lebih fokus mendengarkan apa yang Anda bicarakan dan mereka akan lebih mudah tertarik.

Berikan Senyuman, Sapaan dan Sanjungan
Ketika Anda berbicara didepan umum atau pada saat melakukan presentasi, jangan lupa untuk selalu tersenyum. Senyum merupakan bagian yang sangat penting sebagai cara pemberian apresiasi kepada para peserta atau audiens Anda. Berikanlah senyuman Anda, terutama pada saat Anda mengawali pembicaraan. Berikan juga sapaan yang sangat memukau dan kemudian berikan sanjungan kepada audiens Anda, maka hal itu akan sangat mengesankan bagi mereka.

Demikian Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Menarik Perhatian sehingga apa yang Anda sampaikan mencapai tujuannya. Masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian audiens Anda, untuk itu pengalaman sangat dibutuhkan. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook