Rabu, 17 Mei 2017

Cara Mengatasi Dinding Rumah Yang Rembes

Cara Mengatasi Dinding Rumah Yang Rembes - Salah satu faktor yang menunjang keindahan suatu bangunan atau rumah adalah kondisi dindingnya yang halus dan bersih. Kondisi dinding rumah tidak saja berpengaruh terhadap kenyamanan namun juga terhadap kesehatan para penghuninya. Untuk itu, menjaga kondisi dinding rumah tetap baik menjadi sangat penting. Bila dinding rumah kotor dan apalagi berjamur, maka hal itu akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan para penghuninya. Penyebab dinding menjadi kotor dan berjamur, salah satunya adalah karena adanya rembesan air, sehingga dinding menjadi lembab dan mudah berjamur.

Untuk mengatasi rembesan air ke dinding, maka harus diketahui dulu penyebabnya. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan dinding rumah rembes saat hujan atau karena hal lainnya, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi dinding rembes :

Karena adanya retak rambut pada dinding
Retak rambut pada dinding bisa menjadi jalan masuk bagi air, sehingga air akan merembes ke dinding terutama jika terjadi pada tembok yang salah satu bagiannya berada diluar atau bersebelahan dengan kamar mandi. Untuk mengatasi retak rambut pada dinding, silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara mengatasi retak rambut pada dinding yang ada di blog ini.

Karena kerusakan talang air atau dag beton yang bocor
Rembesan air ke dinding dapat terjadi akibat adanya kerusakan pada talang air atau dag beton yang bocor, terutama saat turun hujan deras. Untuk mengatasinya, maka harus ditemukan area yang rusak atau bocor kemudian dilakukan perbaikan dan penambalan terhadap area tersebut. Setelah dilakukan perbaikan dan penambalan, selanjutnya lapisi dengan waterproof.

Karena dinding bagian luar rumah belum diplester
Tembok luar rumah yang belum diplester dapat menjadi jalam masuk bagi air, sehingga air merembes ke dinding terutama saat turun hujan deras. Untuk mengatasinya, maka dinding luar tersebut harus segera diplester dan dilakukan pengacian kemudian lapisi dengan waterproof.

Karena masukan air dari kamar mandi
Rembesan air dari kamar mandi biasanya terjadi pada area tembok yang bersebalahan langsung dengan kamar mandi. Hal ini biasanya disebabkan oleh plesteran atau pengacian tembok kamar mandi yang tidak baik. Untuk mengatasinya, lakukan perbaikan atau pengacian ulang dengan menambahkan material khusus atau dapat juga dicampur dengan waterproof, selanjutnya lapisi dinding dengan waterproof. Jika dinding dilapisi keramik, maka untuk mengatasi rembesan air dari nat keramik, campurkan bahan penutup nat dengan waterproof.

Demikian Cara Mengatasi Dinding Rumah Yang Rembes agar dinding selalu terlihat bersih dan bebas dari gangguan jamur. Setiap terjadi rembesan pada dinding rumah Anda, jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat membuat dinding Anda lembab, kotor dan berjamur. Temukan penyebabnya dan segera lakukan perbaikan. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook