Kamis, 17 September 2015

Cara Memulai Bisnis Waralaba

Cara Memulai Bisnis Waralaba - Waralaba merupakan suatu sistem usaha dimana pemilik waralaba (franchisor) memberikan hak kepada pihak lain atau penerima waralaba (franchiser) untuk menggunakan hak atas merek, nama, sistem dan segala prosedur dari usaha yang dimilikinya. Bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang semakin banyak menarik minat orang/investor untuk menjalaninya. Selain keuntungan yang akan didapat cukup menjanjikan, bisnis ini juga didukung dengan permodalan yang jelas, sistem dan managemen yang baik serta media pemasaran yang mampu membuat bisnis ini berkembang dengan baik.

Untuk memulai bisnis waralaba maka hal pertama yang harus Anda miliki adalah Mental Bisnis yang kuat, setelah itu pelajari tentang apa itu waralaba dan segala peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan waralaba seperti Peraturan Pemerintah RI No.42. Tahun 2007, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58/M-DAG/PER/9/2014 Tahun 2014, dan peraturan yang terkait lainnya. Selanjutnya Anda dapat mengikuti tahapan yang berikut ini :

Kenali waralaba yang akan Anda pilih
Sebelum menjalankan bisnis Anda, sebaiknya Anda telah mengenal lebih jauh tentang waralaba tersebut seperti  lamanya keberadaan/perjalanan waralaba itu, berapa banyak cabang yang dimiliki, bagaimana reputasi dari pemilik waralaba (franchisor), perkembangan waralaba itu sendiri, dan lain sebagainya. Carilah informasi tentang waralaba tersebut  kepada orang-orang yang telah menjalaninya (franchiser), atau Anda dapat menanyakannya kepada Asosiasi Franchise Indonesia.

Menyiapkan modal usaha Anda
Modal usaha merupakan bagian dari kesiapan Anda untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang akan Anda jalankan. Lakukan perhitungan tehadap kebutuhan bisnis Anda secara cermat seperti sewa tempat, biaya perijinan, biaya operasional, biaya cadangan, dan lain sebagainya. Usahakan modal yang Anda miliki bukan dari hasil meminjam, agar Anda dapat lebih fokus menjalankan bisnis Anda tanpa harus memikirkan hutang yang harus dibayarkan. Selain uang, modal yang terpenting dalam usaha Anda adalah pengetahuan dan ketrampilan sebagai seorang pengusaha.

Memilih lokasi usaha Anda
Salah satu hal yang sangat menentukan perkembangan dari usaha yang Anda miliki adalah lokasi atau tempat berdirinya usaha tersebut. Pemilihan lokasi usaha yang startegis merupakan hal yang paling tepat, sebab dengan begitu orang lain akan lebih mudah mengetahui usaha Anda dan datang mengunjunginya. Cobalah untuk melakukan survey lokasi yang sesuai dengan jenis waralaba Anda untuk menentukan kelayakan tempat usaha Anda agar tidak terjadi sepi pelanggan.

Menyiapkan tenaga kerja atau pegawai
Tenaga keja atau pegawai menjadi bagian yang akan menentukan kehadiran kembali para pelanggan yang telah berkunjung ke tempat usaha Anda. Bila para pelanggan merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan oleh para pegawai Anda, maka mereka tidak akan segan-segan untuk kembali mengunjungi tempat usaha waralaba Anda. Sebaiknya Anda mencari pegawai yang sudah berpengalaman, berpenampilan menarik, dan pandai berkomunikasi.

Legalitas usaha Anda
Segera urus perizinan atau legalitas dari usaha waralaba Anda ke lembaga yang terkait. Hal tersebut penting dilakukan agar Anda memilki perlindungan hukum.

Baca juga artikel : Cara Memulai Bisnis Restoran

Itulah Cara Memulai Bisnis Waralaba yang harus Anda lakukan. Pilih bisnis waralaba yang telah Anda kenal agar Anda lebih mudah untuk mendalami pengetahuan terhadap produk yang akan dijual. Berdoa dan bekerja keras adalah kunci kesuksesan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook