Rabu, 16 September 2015

Cara Merubah DNS Server Pada Komputer

Cara Merubah DNS Server Pada Komputer - DNS atau Domain Name System merupakan sistem distribusi database yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), dan merupakan aplikasi service pada internet sebagai penterjemah domain name ke alamat IP seperti web browser, e-mail, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan internet. DNS akan memberikan informasi tentang nama-nama host ke seluruh jaringan internet. Salah satu cara yang dilakukan oleh para pengguna internet untuk mempercepat koneksi jaringan internet mereka adalah dengan cara mengganti dns server yang ada.

Untuk mengubah dns server komputer sangat mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk melakukannya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

1. Klik "Internet Access" yang berada di pojok kanan bawah komputer Anda.
2. Klik kanan pada provider internet atau modem yang sedang Anda gunakan, misalkan smartfren.
3. Klik "Properties".

merubah dns

4. Pada kotak dialog Properties, klik "Networking".
5. Pada area Networking, double klik "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" atau versi yang digunakan (yang dicentang).

merubah dns pada komputer

6. Pada kotak dialog Internet Protocol, klik "Use the following DNS server addresses"
7. Masukan nomor DNS server pada kolom yang tersedia, setelah itu klik "Ok". Contohnya jika Anda ingin memasukan DNS Google Public seperti berikut ini :

Preferred DNS Server : 8.8.8.8
Alternate DNS Server : 8.8.4.4

dns google public

Itulah Cara Merubah DNS Server Pada Komputer yang dapat Anda lakukan. Anda juga bisa melakukan melalui Control Panel - Network and Internet - Connect to a network, selanjutnya ikuti seperti cara yang telah dituliskan tersebut diatas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook