Rabu, 18 September 2019

Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi

Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi - Bagi seorang ibu yang memiliki seorang bayi, kebutuhan akan susu bagi si bayi tentunya sangat diperhatikan, terutama pemberian ASI. Selain pemberian ASI, susu formula juga dapat diberikan kepada si bayi sebagai makanan tambahan. Mengingat si bayi belum bisa minum menggunakan gelas, maka pemberian susu formula dapat dilakukan dengan menggunakan botol dot susu bayi. Namun begitu, pemberian susu dengan botol dot tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai kebersihan botol dot susu yang digunakan untuk si bayi.

Botol dot susu yang diberikan untuk bayi Anda haruslah benar-benar bersih dan steril, sebab jika tidak maka dapat memicu terjadinya infeksi bakteri dan penyakit pada bayi Anda. Berikut ini cara sterilisasi dan mencuci botol susu bayi yang bisa Anda lakukan :


Cara Sterilisasi Botol Susu Dan Dot Bayi
Bila Anda membeli botol susu bayi yang baru, maka jangan langsung digunakan. Botol susu bayi yang baru dibeli harus disterilkan terlebih dahulu, berikut ini caranya :

1. Siapkan air panas yang baru mendidih di dalam sebuah wadah atau panci. Pastikan cukup untuk merendam seluruh bagian botol susu
2. Pisahkan botol dan dot serta bagian lainnya, kemudian masukan ke dalam wadah atau panci berisi air panas yang sebelumnya telah Anda siapkan.
3. Setelah memasukan semua bagian botol dot susu, selanjutnya tutup wadah atau panci itu dan biarkan selama 10 menit.
4. Setelah proses perendaman selesai, angkat botol dot susu, kemudian keringkan atau tempatkan diatas kain lap bersih dan tempatkan di rak khusus botol.

Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi
1. Cuci tangan Anda sebelum mencuci botol dot susu bayi dengan menggunakan sabun yang mengandung anti septik.
2. Siapkan baskom yang sudah dibersihkan, kemudian isi dengan air hangat dan tambahkan dengan sabun khusus untuk botol bayi atau bisa juga menggunakan sabun pencuci piring.
3. Aduk baskom yang berisi campuran air hangat dan sabun tersebut hingga berbuih. Selanjutnya lepaskan bagian botol dot susu bayi dan masukan kedalam baskom hingga terndam semua.
4. Mulailah dengan membersihkan bagian-bagian botol dot susu bayi Anda. Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan bagian yang sulit dibersihkan.
5. Setelah proses pembersihan selesai, selanjutnya bilas bagian-bagian botol dot susu dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar bersih.
6. Keringkan botol dan tempatkan di rak khusus botol.


Itulah Cara Mencuci Botol Susu Dan Dot Bayi yang bisa Anda lakukan. Sebelum botol susu digunakan lagi, sebaiknya dibilas dulu dengan cara memasukan air panas ke dalam botol hingga setengahnya, pasang dot kemudian kocok-kocok selama beberapa saat. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook