Rabu, 17 Mei 2017

Cara Menghilangkan Lumut Di Dinding Rumah

Cara Menghilangkan Lumut Di Dinding Rumah - Lumut merupakan sejenis tumbuhan yang biasa tumbuh di daerah-daerah yang lembab. Lumut juga dapat tumbuh di dinding rumah jika kondisi dinding rumah lembab karena adanya rembesan air atau penyebab lainnya. Dinding rumah yang ditumbuhi lumut akan terlihat kotor dan semakin lama dibiarkan maka akan merusak lapisan cat dan dinding itu sendiri. Untuk itu lumut harus segera dihilangkan dari dinding rumah.

Bila Anda mengalami masalah dengan dinding yang berlumut, baik pada dinding bagian dalam rumah atau pada dinding bagian luar rumah, berikut ini adalah tips menghilangkan lumut dari dinding rumah yang dapat Anda lakukan dengan mudah :

Menggunakan Larutan Air Garam
Siapkan 2 liter air dan 3 sendok makan garam, campurkan kedua bahan tersebut kemudian direbus. Rebus larutan air dan garam hingga mendidih, setelah itu siramkan pada dinding rumah yang ditumbuhi lumut kemudian gosok dinding dengan sikat hingga lumut menghilang. Setelah itu bersihkan dinding dengan air bersih.

Menggunakan Larutan Air Kapur
Siapkan air dan kapur (bisa kapur tulis) secukupnya kemudian campurkan kedua bahan tersebut hingga larut. Selanjutnya siramkan larutan ke dinding rumah yang ditumbuhi lumut. Gosok dinding dengan sikat hingga lumut menghilang, setelah itu bersihkan dinding dengan air bersih.

Menggunakan Kaporit
Siapkan kaporit bubuk, atau yang berbentuk kristal kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk. Taburkan bubuk kaporit secara merata pada dinding rumah yang ditumbuhi lumut dan biarkan selama 1 jam hingga terjadi proses kimiawi. Setelah itu siram dengan air sabun dan gosok dengan sikat hingga lumut menghilang, selanjutnya bersihkan dinding dengan air bersih.

Menggunakan Cuka Putih
Siapkan cuka putih secukupnya kemudian siramkan cuka tersebut pada area dinding yang ditumbuhi lumut. Gosok dinding dengan menggunakan sikat, setelah itu bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa cuka yang menempel pada dinding.

Menggunakan Baking Soda
Siapkan air dan baking soda secukupnya, campurkan kedua bahan tersebut hingga larut. Gunakan larutan ini untuk menggosok area dinding yang ditumbuhi lumut. Setelah itu segera bersihkan dinding dengan air bersih. Jangan gunakan larutan ini pada dinding yang tidak tahan dengan zat asam sebab permukaan dinding akan mudah mengalami kerusakan.

Demikian Cara Menghilangkan Lumut Di Dinding yang bisa Anda lakukan. Dengan hilangnya lumut dari permukaan dinding, maka dinding akan kembali terlihat bersih dan indah. Dinding juga akan terhindar dari kerusakan akibat lumut yang menempel. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook