Kamis, 17 November 2016

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet -  Rantai merupakan salah satu bagian fital dari kendaraan bermotor. Rantai berfungsi sebagai penyambung gerak putar antara gear yang berada pada mesin dengan gear yang terpasang pada bagian roda. Bagi Anda yang selalu menggunakan sepeda motor non matic untuk aktifitas sehari-hari seperti pergi ke tempat kerja, ke sekolah, dan aktifitas lainnya yang menggunakan motor, maka perawatan kendaraan tersebut menjadi sangat penting, terutama pada bagian rantai motor.

Rantai motor yang tidak terawat dengan baik tentunya dapat menimbulkan masalah seperti rantai cepat mengalami kerusakan, motor menjadi tidak nyaman digunakan, dan lain sebagainya. Untuk merawat rantai motor sangat mudah dilakukan, tanpa harus membawanya ke bengkel motor. Berikut ini tips merawat rantai motor yang bisa Anda lakukan :

1. Memeriksa Kondisi Rantai
Lakukan pemeriksaan kondisi rantai secara berkala dan cermat. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kondisi rantai lebih awal. Apabila terjadi perubahan kondisi rantai, maka Anda dapat segera mengatasinya, sehingga kerusakan yang lebih parah dapat dihindari.

2. Menjaga Kebersihan Rantai
Membersihkan rantai dari debu dan kotoran yang melekat akan membuat kondisi rantai selalu terjaga dengan baik. Kotoran-kotoran yang dibiarkan melekat terlalu lama pada rantai akan membuat rantai cepat kering, berkarat dan akhirnya rusak.

3. Mengatur Tingkat Ketegangan Rantai
Setelah Anda memastikan bahwa rantai telah terbebas dari kotoran, maka selanjutnya periksa tingkat ketegangan rantai motor Anda. Rantai yang terlalu tegang dapat mengakibatkan rantai mudah putus, dan rantai yang terlalu kendur dapat mengakibatkan rantai mudah terlepas dari kedudukannya. Pengaturan ketegangan rantai yang pas, akan membuat rantai lebih awet.

4. Mengatur Posisi Rantai
Setelah tingkat ketegangan rantai telah disesuikan, selanjut yang harus diperhatikan adalah posisi rantai. Letak antara gear depan, rantai dan gear belakang harus sejajar, sehingga pergerakan putaran rantai akan selalu berada pada jalurnya. Dengan demikian rantai akan terhindar dari kerusakan, fungsi dan kegunaannya dapat bertahan lebih lama.

5. Memberikan Pelumas Rantai
Setelah rantai motor bersih, tingkat ketegangan dan posisi rantai telah sesuai, maka berikan pelumas (Chain Lube) pada rantai tersebut. Pelumas akan membantu mengurangi gesekan rantai pada gear, sehingga rantai tidak mudah aus dan pemakaiannya dapat bertahan lama.

6. Mengatur Perpindahan Transmisi
Ketika mengendarai motor, jangan melakukan perpindahan gigi transmisi dengan kasar agar tidak terjadi hentakan pada rantai dan gear. Jika hentakan pada rantai dan gear sering terjadi secara kasar, maka hal itu dapat memperpendek usia pemakaian rantai motor. Lakukan perpindahan transmisi secara halus, agar hentakan yang terjadi tidak terlalu berat.

Itulah Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang harus Anda lakukan. Jika rantai motor Anda harus diganti dengan yang baru, maka jangan asal menggantinya. Gunakan rantai yang original sesuai dengan merek motor Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook