Senin, 25 April 2016

Cara Merawat TV LCD Dan LED

Cara Merawat TV LCD Dan LED - Bagi sebagian besar orang, kenyamanan saat menyaksikan tayangan televisi merupakan hal yang sangat diutamakan, untuk itu mereka lebih memilih televisi jenis lcd atau led daripada televisi tabung. Kedua jenis televisi tersebut mempunyai kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan televisi tabung. Selain kualitas gambar yang lebih baik, televisi jenis lcd atau led juga hemat energi sehingga tidak boros dalam pemakaian listrik. Namun begitu perawatan pada tv lcd dan led harus tetap dilakukan dengan baik, agar tidak mudah mengalami kerusakan dan dapat dinikmati untuk jangka waktu yang lama.

Untuk merawat tv lcd atau led tidaklah terlalu sulit, namun demikian perawatannya harus dilakukan secara rutin. Bagi Anda yang telah memiliki televisi jenis lcd atau led dan ingin selalu menjaga keadaannya agar tidak mudah mengalami keruskan, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

Membersihkan TV LCD dan LED

Sebelum membersihkan televisi Anda, pastikan bahwa televisi tidak dalam keadaan hidup atau dalam posisi standby. Cabut kabel power dari stop kontak, selanjutnya bersihkan tv Anda.

Membersihkan Monitor TV LCD atau LED
- Siapkan cairan pembersih khusus monitor lcd atau komputer.
- Siapkan kain bersih yang lembut  dan kain mikrofiber atau kain yang dapat menyerap cairan.
- Semprotkan cairan pembersih pada kain, kemudian gosok monitor dengan gerakan searah secara perlahan dan jangan terlalu ditekan. Setelah itu, segera keringkan dengan kain mikrofiber. Lakukan dengan gerakan searah secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.
- Jangan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada permukaan monitor.
- Jangan menggunakan kain yang kasar untuk membersihkan monitor.
- Jangan menggunakan cairan yang berbahan alkohol dan yang mengandung mineral.
- Lakukan cara yang sama untuk membersihkan bingkai monitor.

Membersihkan Body TV LCD atau LED
- Bersihkan body televisi dengan menggunakan kain lembut yang kering.
- Gosok bagian body secara perlahan.
- Jika terdapat noda yang menempel dan sulit dibersihkan, Anda dapat membasahi sedikit permukaan kain dengan cairan perbersih dan gosok  hanya pada permukaan yang bernoda kemudian segera keringkan.
- Jangan menggunakan kain yang basah untuk membersihkan body atau menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada body.
- Gunakan kuas lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Hal-hal yang harus diperhatikan

- Hindari benturan keras pada televisi Anda.
- Hindari televisi Anda dari terkena sinar matahari secara langsung.
- Jangan meletakan televisi Anda pada ruangan yang berdebu.
- Jangan meletakan televisi pada suhu ruangan yang terlalu panas. Jika perlu gunakan penyejuk udara pada ruangan Anda, agar suhu udara menjadi lebih stabil.
- Berikan jarak sejauh 10 cm antara tv dengan dinding.
- Jauhkan televisi dari benda-benda yang mengandung medan magnetik yang besar
- Jika terjadi kerusakan, serahkan kepada teknisi khusus sesuai merek televisi Anda.

Demikian Cara Merawat TV LCD Dan LED yang dapat Anda lakukan. Perawatan yang baik dan dilakukan secara rutin, akan membuat televisi Anda berfungsi lebih lama. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook