Selasa, 19 April 2016

Cara Merawat Kompor Gas

Cara Merawat Kompor Gas - Pada masa sekarang ini, hampir sebagian besar rumah tangga telah menggunakan kompor gas sebagai sarana penunjang kegiatan memasak. Namun seiring perjalanan waktu penggunaannya, kompor gas juga dapat mengalami kerusakan. Hal itu bisa terjadi jika perawatannya tidak dilakukan dengan baik seperti jarang membersihkan kompor gas sehingga menyebabkan body dan komponen yang ada dapat menjadi berkarat. Jika hal itu terjadi maka kompor gas tersebut akan cepat mengalami kerusakan.

Untuk merawat kompor gas agar awet tidaklah terlalu sulit, namun kebanyakan orang malas melakukannya. Mereka hanya membersihkan kotoran yang terlihat saja tanpa pernah memperhatikan kondisi kompor gas secara keseluruhan seperti kondisi tungku, burner, dan lain sebagainya. Agar kompor gas yang Anda miliki dapat digunakan dalam waktu yang lama, berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan :

Membersihkan Kompor Gas

- Lepaskan bagian-bagian komponen kompor gas seperti selang dan regulator, dudukan alat memasak, tungku, corong api (burner), dan tombol-tombol yang ada.
- Bersihkan permukaan kompor dengan menggunakan kain basah dan sabun atau menggunakan cairan pembersih. Gosok secara perlahan dan keringkan dengan kain yang bersih.
- Bersihkan tombol-tombol kompor gas yang ada. Gosok dengan menggunakan spond atau lap basah, setalah itu keringkan.
- Bersihkan tungku dari kotoran yang melekat dengan menggunakan kain yang lembab. Untuk kotoran yang menyumbat lubang tungku, gunakan jarum atau kawat kecil untuk mengeluarkan kotoran yang ada.
- Bersihkan corong api (burner) dari kotoran yang melekat. Rendam kedalam larutan asam sitrat yang telah dicampur dengan air panas atau menggunakan air jeruk nipis, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu gunakan sikat untuk membersihkannya, bilas dengan air bersih dan keringkan.
- Bersihkan selang dari kotoran yang melekat.

Setelah semua komponen kompor gas bersih, pasang kembali bagian-bagian yang sebelumnya dilepas dan pastikan telah terpasang dengan benar. Ingat, jangan sampai bagian elektrik pemicu percikan api terkena air, karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Hal-hal yang harus selalu diperhatikan dalam menggunakan kompor gas :

- Pastikan kondisi tabung gas dan selang gas dalam keadaan baik
- Letakan tabung gas pada tempat yang datar dengan posisi berdiri
- Pastikan regulator yang terpasang sudah terkunci dengan baik agar tidak terjadi kebocoran
- Jauhkan tabung gas dari bahan yang mudah terbakar
- Perhatikan sirkulasi udara pada dapur Anda. Jika dirasa kurang memadai, buka pintu dan jendela saat Anda memasak.
- Jangan melakukan pemanasan terlalu lama dan jangan menggunakan api yang terlalu besar
- Jangan sekali-kali menyalakan kompor gas bila tidak ada sesuatu yang dimasak diatasnya, walau hanya sebentar.
- Jika Anda mencium bau gas, segera matikan kompor gas dan peralatan listrik yang ada, yang dapat menimbulkan percikan api.
- Segera matikan kompor gas setelah selesai digunakan

Demikian Cara Merawat Kompor Gas yang bisa Anda lakukan. Dengan perawatan yang baik, maka kompor gas dapat terus berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook