Selasa, 26 April 2016

Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama

Cara Merawat Kulkas - Lemari pendingin atau yang lebih dikenal dengan nama Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang keberadaannya sangat diperlukan. Saat ini, sebagian besar rumah tangga telah memiliki kulkas dan digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar kesegaran makanan dan minuman yang ada tetap terjaga dan membuatnya lebih tahan lama. Untuk menjaga kulkas atau lemari es agar tidak mudah mengalami kerusakan, maka cara merawat lemari es harus diperhatikan dengan benar dan juga harus dilakukan secara rutin.

Bila Anda memiliki kulkas dengan teknologi yang paling canggih, maka hal itu akan menjadi percuma jika pemeliharaan kulkas tidak Anda lakukan. Bagi Anda yang telah memiliki kulkas dan ingin mempertahankan fungsi dan kegunaannya, maka perawatan terhadap kulkas menjadi faktor penting yang harus Anda lakukan. Berikut ini cara untuk merawat kulkas yang benar :

Membersihkan Kulkas

1. Siapkan cairan pembersih yang mengandung anti bakteri, atau jika tidak ada maka dapat menggunakan sari cuka apel yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1:3.

2. Siapkan 2 lembar kain lembut yang bersih, kain pertama digunakan untuk membersihkan dan kain kedua digunakan untuk mengeringkan.

3. Keluarkan semua makanan dan minuman dari dalam kulkas, termasuk rak dan laci yang ada.

4. Basahi kain pertama dengan cairan pembersih, kemudian gosok bagian dalam kulkas secara menyeluruh dimulai dari bagian atas hingga bagian bawah. Untuk bagian sudut, gunakan sikat kecil yang berbulu lembut dan telah dibasahi dengan cairan pembersih.

5. Setelah semua dirasa bersih, gunakan kain kedua untuk mengeringkan bagian dalam kulkas.

6. Selanjutnya lakukan cara yang sama untuk membersihkan rak dan laci kulkas.

7. Untuk bagian freezer pada kulkas satu pintu biasannya akan terbentuk bunga es. Sebelum membersihkannya, sebaiknya segera cairkan bunga es tersebut dengan cara mengatur termostat kesuhu terendah atau bisa juga dengan cara mematikan arus listrik, Jangan menggunakan benda tajam untuk mencongkel atau menghancurkannya. Setelah bunga es mencair, gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan freezer.

8. Susun kembali dengan rapih semua rak dan laci yang sebelumnya dikeluarkan dari dalam kulkas. Pastikan semuanya telah berada dalam posisi yang tepat, masukan kembali makanan dan minuman Anda.

9. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar kulkas, termasuk juga kondensor yang terletak dibagian bawah belakang kulkas, bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel.

Hal-hal yang harus diperhatikan

- Berikan jarak sejauh 20 cm antara kulkas dan dinding.
- Jangan mengisi kulkas secara berlebihan.
- Jangan menggunakan temperatur yang terlalu dingin.
- Jangan memasukan makanan dan air minum yang masih panas.
- Pintu kulkas harus selalu tertutup rapat.
- Jauhkan kulkas dari benda-benda yang dapat memberikan efek panas seperti kompor atau terkena sinar matahari secara langsung.
- Jangan membiarkan kulkas dalam keadaan kosong tanpa isi.
- Bersihkan kulkas Anda secara rutin.

Demikian Cara Merawat Kulkas Agar Tahan Lama yang bisa Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda telah melakukan perawatan secara baik agar kulkas yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook