Kamis, 28 April 2016

Cara Meraih Kesuksesan Bisnis Kuliner

Cara Meraih Kesuksesan Lewat Bisnis Kuliner - Salah satu bidang bisnis yang semakin diminati banyak orang adalah bisnis dalam bidang kuliner. Hal itu dapat diketahui dengan semakin banyaknya tempat makan, dari yang berada diemperan toko dengan kondisi seadanya sampai dengan yang berada ditempat yang dikemas secara khusus. Walau bisnis kuliner termasuk salah satu bisnis yang memliki resiko kerugian yang cukup tinggi, namun hal itu tidak menyurutkan niat mereka yang ingin melakukannya. Mereka memiliki keyakinan bahwa mereka mampu membangun usaha ini dan meraih kesuksesan.

Untuk memulai usaha kuliner tidak harus memiliki lahan atau tempat sendiri. Banyak orang yang memulai bisnis ini dengan menyewa sebuah tempat dan berhasil meraih kesuksesan. Ada juga mereka yang sengaja membangun sebuah restoran sebagai penunjang bisnis kuliner mereka, namun kesuksesan tidak juga bisa diraihnya. Lalu bagaimana caranya agar bisnis ini bisa meraih kesuksesan ?. Selain memiliki mental bisnis yang kuat, niat dan keyakinan, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat meraih kesuksesan dalam usaha ini. Berikut ini beberapa cara sukses bisnis kuliner yang bisa Anda lakukan :

Memulai Bisnis kuliner

1. Rencana usaha
Sebelum Anda membangun usaha Anda, sebaiknya rencanakan segala sesuatunya dengan baik seperti jenis makanan apa yang akan Anda jual dan potensi kerugian bila jenis makanan itu tidak habis terjual dan menjadi basi, serta hal-hal lain yang terkait dengan usaha Anda.

2. Riset pasar dan produk
Pastikan bahwa jenis kuliner yang Anda tawarkan banyak diminati orang. Selain itu, Anda juga harus mengetahui semua komponen harga seperti harga beli bahan baku dan harga jual makanan, termasuk mencari tahu pemasok bahan baku yang bisa diandalkan agar semua yang Anda butuhkan dapat selalu tersedia, namun jangan terpaku hanya pada satu pemasok saja.

3. Siapkan modal Anda
Semakin banyak jenis kuliner yang Anda tawarkan dan semakin besar tempat usaha Anda, maka modal yang Anda butuhkan juga semakin besar. Usahakan modal awal jangan terlalu besar, yang terpenting Anda harus menyiapkan modal cadangan untuk beberapa bulan kedepannya.

4. Lokasi usaha
Lokasi usaha merupakan syarat utama untuk meraih kesuksesan bisnis kuliner. Dengan lokasi yang strategis, maka tempat usaha Anda akan mudah diketahui orang dan akan mudah mendapatkan banyak pelanggan. Sebaiknya lokasi usaha Anda berada di pusat keramaian atau yang mudah dijangkau dari berbagai arah.

Menjalankan Bisnis Kuliner

1. Tenaga kerja
Tenaga kerja atau pegawai terkait langsung dengan pelayanan terhadap konsumen. Siapkan tenaga kerja yang berpengalaman, berpenampilan menarik, ramah dan pandai berkomunikasi.

2. Fasilitas yang baik
Jika Anda memutuskan untuk menempatkan usaha kuliner Anda didalam sebuah bangunan seperti restoran, maka Anda harus menyiapkan fasilitas penunjang kebutuhan pelanggan seperti kamar mandi atau toilet, penyejuk udara atau kipas angin, dan lain sebagainya.

3. Kebersihan tempat usaha
Kebersihan tempat usaha merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan. Bila tempat Anda terlihat kotor, maka para konsumen yang akan makan ditempat Anda, seketika dapat membatalkan niatnya karena mereka kehilangan selera makan dan akan segera pergi mencari tempat makan yang lainnya.

4. Kesegaran dan kualitas makanan
Bila Anda memiliki jenis makanan yang dapat disimpan untuk beberapa hari, usahakan makanan itu masih tetap segar saat disajikan. Jangan pernah sekalipun Anda menyajikan makanan yang telah dimasak satu hari sebelumnya atau makanan kemarin, meskipun makanan tersebut telah dihangatkan kembali. Hal tersebut akan berdampak sangat buruk bagi kelangsungan usaha Anda. Para konsumen tentu tidak akan datang kembali untuk makan ditempat Anda, sehingga cepat atau lambat tempat usaha Anda akan sepi pengunjung.

5. Managemen keuangan
Inilah poin penting yang harus Anda lakukan yaitu managemen keuangan yang baik. Jika Anda tidak mampu mengelola keuangan usaha Anda secara baik, maka bisa dipastikan usaha Anda akan segera tutup, bangkrut akibat kehabisan dana.

Demikian Cara Meraih Kesuksesan Bisnis Kuliner yang bisa Anda lakukan. Masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan agar usaha kuliner yang Anda jalani bisa mendatangkan keuntungan dan meraih kesuksesan. Anda juga dapat belajar dari orang-orang yang telah sukses dalam bisnis di bidang kuliner. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook