Senin, 20 Juli 2015

Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami

Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami - Bisul adalah radang pada daerah folikel rambut kulit dan sekitarnya atau infeksi lokal yang terjadi pada kulit dalam. Gejala bisul biasanya diawali oleh adanya benjolan merah dan lunak di daerah kulit yang semakin lama akan mengeras. Terjadinya bisul bisa disebabkan karena tersumbatnya kelenjar minyak yang kemudian terinfeksi atau karena adanya penyakit tertentu seperti kencing manis. Bagian tubuh yang sering muncul bisul biasanya terjadi pada ketiak dan bokong. Bisul bila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena adanya rasa nyeri yang timbul disekitar bisul.

Bila Anda terserang bisul dan ingin segera menyembuhkannya maka selain membawanya ke dokter/rumah sakit, Anda juga dapat melakukannya dengan mengunakan bahan-bahan alami. Berikut ini bahan alami untuk menyembuhkan bisul yang dapat Anda gunakan :

Menggunakan Bayam
Sediakan bayam secukupnya, kemudian dihaluskan dan campurkan sedikit garam ke dalamnya. Setelah itu tempelkan hanya pada daerah sekitar bisul dan jangan sampai menutupi mata bisul. Lakukan secara rutin hingga bisul sembuh.

Menggunakan Bawang Putih
Sediakan bawang putih secukupnya, kemudian dihaluskan. Setelah itu tempelkan pada daerah sekitar bisul dan jangan sampai menutupi mata bisul. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Menggunakan Daun Cabe
Sediakan daun cabe secukupnya, kemudian dihaluskan dan tambahkan dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Setelah itu tempelkan hanya pada daerah sekitar bisul dan jangan sampai menutupi mata bisul. Lakukan secara rutin hingga bisul sembuh.

Menggunakan Mentimun Dan Biji Pala
Sediakan satu buah mentimun dan biji pala, kemudian kedua bahan tersebut diparut atau dihaluskan. Bungkus kedua bahan yang telah halus tersebut dengan daun pisang lalu dipanggang. Dalam keadaan masih hangat, tempelkan pada bisul kemudian dibalut dengan menggunakan kain atau perban. Lakukan sebanyak 2 kali sehari hingga bisul sembuh.

Menggunakan Daun Sirih
Sediakan 7 lembar daun sirih, kemudian dihaluskan. Setelah itu tempelkan pada bagian yang terdapat bisul. Cara lainnya adalah dengan merebus daun sirih, lalu gunakan air rebusan sirih tersebut untuk mengompres bisul yang mulai akan pecah. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Menggunakan Daun Ubi Jalar
Sediakan beberapa lembar daun ubi jalar, kemudian daun tersebut dibuat layu dengan cara mendekatkannya pada api. Setelah itu tempelkan daun ubi jalar yang telah layu pada bisul lalu dibalut dengan kain atau perban dan biarkan selama beberapa menit lalu lepas daun tersebut.

Menggunakan Kentang
Sediakan 1 buah kentang, kemudian dihaluskan. Tempelkan kentang yang sudah halus tersebut pada bisul lalu dibalut dengan kain atau perban dan biarkan untuk beberapa menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Itulah beberapa cara menyembuhkan bisul secara alami yang bisa Anda lakukan. Hindari memencet bisul karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyebaran bakteri yang ada dan akan memunculkan bisul baru pada bagian tubuh yang lain. Jika cara-cara tersebut diatas tidak membawa perubahan pada bisul Anda, sebaiknya Anda mengunjungi seorang Dokter ahli untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan tepat. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook