Selasa, 21 Juli 2015

Cara Mengatasi Vertigo

Cara Mengatasi Vertigo - Vertigo adalah salah satu jenis penyakit kepala dimana penderitanya mengalami gerakan seperti berputar atau melayang. Hal itu terjadi karena adanya gangguan keseimbangan pada sistem vestibular. Penyebab seseorang mengalami vertigo bermacam-macam seperti adanya gangguan telinga bagian dalam, penyakit sistem syaraf pusat karena adanya suatu penyakit, gangguan penglihatan, mabuk perjalanan, migrain dan lain sebagainya. Vertigo bila tidak segera diatasi maka akan dapat mengganggu aktifitas penderitanya.

Vertigo haruslah ditangani secara tepat, agar tidak selalu mengganggu kenyamanan Anda, Bila Anda mengalami serangan vertigo, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi vertigo yang dapat Anda lakukan :

Mengatasi vertigo dengan latihan vestibular :

- Pada posisi berdiri tegak, buka mata kemudian tutup kembali. Lakukan hal ini sebanyak 5 kali.

- Lakukan gerakan kepala berputar. Tempelkan dagu pada dada lalu putar kepala kekiri dan kemudian ke kanan. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali. Cara ini dapat Anda lakukan sambil berdiri atau duduk.

- Lakukan gerakan kepala menghadap keatas dan secara perlahan turunkan sampai kepala menghadap kebawah kemudian kembali lagi menghadap keatas secara perlahan. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali.

- Lakukan gerakan posisi kepala miring ke kiri sampai telinga berada di bahu, lalu biarkan selam 15 detik. Kemudian lakukan gerakan posisi kepala miring ke kanan sampai telinga berada di bahu, lalu biarkan selama 15 detik. Ulangi masing-masing gerakan sebanyak 3 kali.

- Pada posisi duduk dengan punggung lurus dan mata terbuka, kemudian berdiri sambil menutup mata. Ulangi hal tersebut sebanyak 3 kali.

- Lakukan gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan dalam keadaan mata terbuka. Lakukan masing-masing gerakan sebanyak 3 kali. Lakukan juga gerakan bola mata keatas dan kebawah.

Mengatasi vertigo dengan bahan alami :

Menggunakan Kulit Manggis
Kulit manggis memiliki kandungan anti oksidan, kalsium, potassium, zat besi, sodium, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang mampu mencegah kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas dan dapat mencegah penyakit yang merusak sistem syaraf serta jaringan organ tubuh lainnya. Anda dapat menggunakan kulit manggis/ekstrak kulit manggis untuk pengobatan vertigo.

Menggunakan Daun Sirsak
Kandungan yang dimiliki daun sirsak seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, dan lainnya dipercaya mampu menurunkan tingkat stres, darah tinggi dan dapat menyeimbangkan sistem syaraf. Anda juga dapat menggunakan daun sirsak untuk pengobatan vertigo.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Vertigo yang dapat Anda lakukan. Cobalah untuk selalu memposisikan kepala Anda menjadi lebih tinggi, baik pada saat Anda duduk atau berbaring dan kurangi kegiatan yang mengharuskan Anda membungkuk seperti saat Anda ingin mengangkat barang dan lain sebagainya. Bila cara-cara tersebut diatas belum mampu mengatasi vertigo yang Anda alami, sebaiknya Anda mengunjungi seorang Dokter ahli untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook