Senin, 04 Mei 2015

Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita

Cara Menjaga Kesehatan Anak Balita - Anak merupakan anugrah terbesar yang dimiliki oleh setiap pasangan suami istri, buah hati yang senantiasa dijaga dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Anak yang masih balita sangat rawan terhadap serangan penyakit. Selain imunisasi yang dianjurkan, juga banyak faktor yang perlu diperhatikan terhadap seorang balita agar tidak mudah sakit. Seorang ibu memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan anak, untuk itu sangat diperlukan perlakuan khusus terhadap anak Anda.

Orang tua mana yang tidak merasa sedih bila melihat anak yang sangat disayanginya tergolek lemas karena sakit, terlebih lagi anak tersebut masih balita. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak balita Anda :

1. Memperhatikan pola makan anak
Untuk melindungi anak agar tidak mudah sakit, sebaiknya perhatikan pola makan anak Anda. Berikan makan secara teratur dengan nilai giji serta nutrisi yang cukup, agar anak Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Berikan suplemen tambahan serta multi vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap penyakit.

2. Memperhatikan kebersihan anak
Perhatikan kebersihan anak Anda mulai dari bagian tubuhnya seperti tangan terutama pada kukunya karena anak biasanya sering memasukan tangan kedalam mulutnya. Kebersihan pakaian dan tempat tidur anak juga perlu diperhatikan, termasuk lantai tempat anak bermain, agar anak Anda tidak mudah terserang penyakit.

3. Memperhatikan waktu istirahat anak
Anak yang masih balita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa, untuk itu kecukupan tidur anak harus diperhatikan dengan baik. Buatlah tempat tidur anak Anda senyaman mungkin agar anak dapat tidur dengan nyenyak, hindari suara-suara berisik yang dapat mengganggu tidur anak Anda. Hindari penggunaan AC atau kipas angin yang mengarah langsung secara terus menerus ke tubuh anak Anda.

4. Memperhatikan perubahan kondisi anak
Perhatikan selalu kondisi anak Anda, apabila terdapat perubahan terhadap kondisi anak seperti terlihat lesu, nafsu makan berkurang dan panas tubuh meningkat, maka kemungkinan anak Anda mengalami gejala sakit. Jika hal tersebut terjadi, segeralah lakukan pemeriksaan secara cermat dan untuk lebih jelasnya, bawalah anak Anda ke Dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara lanjut agar masalahnya dapat segera diatasi.

4. Memeriksakan kesehatan anak secara berkala
Untuk menjaga kondisi kesehatan anak Anda, maka sebaiknya lakukan pemeriksaa kesehatan anak Anda secara berkala. Kunjungilah rumah sakit terdekat atau bawa ke Dokter spesialis anak, agar kesehatan anak Anda terus terjaga dengan baik.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan anak balita yang dapat Anda lakukan. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya selalu dalam kondisi sehat, namun terkadang sakit tetap saja datang begitu saja. Maka dari itu, sebagai orang tua haruslah senantiasa berdoa. Berdoalah kepada ALLAH dan mintalah agar anak Anda selalu terjaga kesehatannya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook