Minggu, 05 April 2015

Cara Membersihkan Karburator Motor

Cara Membersihkan Karburator Motor - Karburator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Karburator harus selalu dijaga kebersihannya agar tetap mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Cara membersihkan karburator tergolong mudah, kita hanya perlu melakukannya secara berkala. Karburator sendiri merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan / Motor Anda. Jika Anda kurang memperhatikannya, maka jangan heran jika motor akan sering bermasalah.

Untuk membersihkan karburator tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk membersihkannya. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan karburator motor Anda :

1. Melepas filter udara karburator
Lepaskan filter yang terdapat pada mulut karburator, bersihkan filter tersebut dengan menggunakan bensin kemudian keringkan filter tersebut sebelum Anda memasangnya kembali.

2. Membuka karburator
Lepaskan semua baut-baut yang ada, simpan baut-baut tersebut agar tidak berserakan. Lepaskan semua komponen-komponen karburator dan letakan kedalam satu tempat agar tidak mudah hilang. Setelah itu, bersihkan karburator dengan menggunakan kuas yang lembut, dan gunakan penyemprot udara berkekuatan tinggi untuk membersihkan bagian dalam lubang-lubang karburator. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang melekat pada spuyer.

3. Memasang karburator
Setelah karburator berikut komponen-komponennya dibersihkan, rakit kembali karburator motor Anda seperti semula dan atur ketinggian pelampung bensin sebelum karburator ditutup, jangan ada komponen yang tertinggal. Tutup karburator Anda dan pasang kembali pada motor Anda.

Setelah karburator dipasang kembali pada posisi semula kemudian ditempatkan ke manifold dengan benar, langkah selanjutnya adalah melakukan setting karburator.

1. Putar kekanan setelan angin hingga mentok, lalu putar kembali ke kiri 1,4 - 1,5 putaran untuk motor bebek, untuk motor sport 2,5 putaran
2 Stel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
3.Coba hidupkan mesin
4. Stel baut angin hingga suara mesin paling tinggi, kurang lebih 1,4 - 1,6 putaran untuk motor bebek dan untuk motor sport 2,4 - 2,6 putaran
5. Setelah sampai pada suara mesin paling tinggi, turunkan kembali stelan gas hingga posisi menengah atau 900 - 1100 rpm
6. Coba di gas beberapa kali, jika mesin masih hidup maka settingan telah selesai;

Itulah beberapa cara membersihkan karburator motor yang dapat Anda lakukan. Mejaga kebersihan pada karburator motor, akan membuat kaburator motor Anda dapat menjalankan fungsinya dalam waktu yang lama. semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook