Rabu, 20 Maret 2019

Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang - Bau mulut merupakan salah satu masalah yang dapat terjadi pada setiap orang dan akan menyebabkan orang lain merasa tidak nyaman saat berbicara atau berdekatan dengan penderitanya. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada mulut, salah satunya adalah akibat gigi berlubang. Gigi yang berlubang biasanya menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan. Bila tidak segera dibersihkan, maka sisa-sisa makanan tersebut akan menjadi sumber makanan bagi bakteri.

Jika sisa makanan terlalu lama menumpuk didalam lubang gigi, maka akan terjadi proses pembusukan yang akhirnya mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap. Memiliki gigi yang berlubang memang dapat menimbulkan bau mulut bagi setiap orang. Untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap akibat gigi berlubang, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

Rajin Menbersihkan Gigi
Membersihkan gigi, terutama setelah makan akan membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Membersihkan gigi atau menggosok gigi akan menghilangkan sisa-sisa makan yang masuk kedalam lubang gigi, sehingga mencegah kerusakan gigi yang semakin parah. Bila gigi Anda berlubang dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap, cobalah untuk selalu rajin membersihkan atau menggosok gigi, terutama pada malam hari menjelang tidur dan sehabis makan.

Menggunakan Obat Kumur
Selain menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan obat kumur gigi. Obat kumur yang dianjurkan adalah obat kumur anti bakteri. Selain dapat mengatasi bau mulut, berkumur dengan obat kumur anti bakteri juga dapat mencegah kerusakan gigi yang lebih lanjut dan juga dapat menghilangkan plak gigi yang dapat menimbulkan gigi berlubang. Cobalah untuk berkumur dengan menggunakan obat kumur anti bakteri secara rutin dua kali sehari setelah menggosok gigi.

Menambal Gigi Berlubang
Untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap akibat gigi berlubang, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah membuang sumber masalahnya yaitu gigi berlubang. Jika lubang pada gigi masih ringan atau masih berukuran kecil, sebaiknya lubang gigi tersebut ditambal. Cobalah periksakan ke Dokter gigi untuk memastikan apakah gigi Anda masih bisa ditambal atau tidak.

Mencabut Gigi Berlubang
Bau mulut yang tidak sedap akibat gigi berlubang dapat dihilangkan dengan cara mencabut gigi tersebut. Jika lubang gigi sudah terlalu parah dan sudah terjadi pembusukan yang mengakibat timbulnya aroma mulut yang tidak sedap, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencabut gigi yang berlubang. Kunjungi klinik gigi terdekat untuk mencabut gigi Anda, maka dengan begitu masalah bau mulut dapat segera teratasi.

Itulah Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang yang bisa Anda lakukan. Selanjutnya rawatlah gigi Anda dengan sebaik-baiknya. Hindari merokok dan minuman beralkohol agar gigi tidak mudah berlubang dan rusak. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook