Selasa, 19 Maret 2019

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan - JHT atau Jaminan Hari Tua merupakan salah satu dari program BPJS Ketenagakerjaan. Seorang karyawan yang terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan akan dikenakan kewajiban membayar iuran setiap bulannya, yang umumnya dibayarkan oleh perusahaan tempat ia bekerja. Besarnya iuran yang dibayarkan tergantung dari besarnya gaji pokok karyawan tersebut, namun sebagian dibayarkan oleh pihak perusahaan.

Persentase pembayaran iuran sebesar 5,7 % dengan rincian 2% dipotong dari upah pekerja dan 3,7% dibayarkan oleh perusahaan. Iuran yang dibayarkan tersebut akan terkumpul menjadi saldo. Saldo yang terkumpul bisa dicairkan dengan besaran 10%-30% saat karyawan masih aktif bekerja, dan sebesar 100% saat karyawan sudah tidak lagi bekerja. Untuk mengetahui saldo JHT Anda, berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan :

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

2. Pada menu, pilih "Layanan Peserta".
3. Pada opsi "Tenaga Kerja", klik tombol "Masuk".

website bpjs ketenagakerjaan

4. Selanjutnya pilih menu "BPJSTKU", kemudian silahkan Anda login.
5. Setelah masuk, pilih menu Layanan.
6. Pada Layanan Cek Saldo JHT, pilih aktivasi.
7. Selanjutnya masukan PIN aktivasi yang dikirmkan melalui SMS, kemudian Enter.
8. Setelah aktivasi berhasil, pilih menu Cek Saldo JHT dan Submit.

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Untuk mengaktifkan layanan SMS, maka peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Berikut ini format pendaftaran yang harus Anda lakuikan :

1. Ketik Daftar(spasi)SALDO#No.KTP#Tgl.Lahir (tgl/bln/thn)#No.Peserta#Email (bila ada)
2. Kirim ke 2757

Setelah Anda terdaftar, silahkan lakukan pengecekan saldo dengan format

1. Ketik SALDO(spasi)TK#No.Peserta
2. Kirim ke 2757

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui BPJSTKU Mobile

Anda dapat mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan lewat smartphone Anda dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU. Untuk smartphone Android, silahkan mengunduhnya di Google Play Store. Untuk smartphone iOS (iPhone atau iPad), silahkan mengunduhnya di App Store.

Itulah beberapa Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan. Silahkan menggunakannya untuk kepentingan Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook