Minggu, 17 April 2016

Cara Merawat Dan Membersihkan Kuningan

Cara Merawat Dan Membersihkan Kuningan - Kuningan merupakan sejenis logam yang terbentuk dari perpaduan antara tembaga dan seng. Logam ini sangat mudah dibentuk menjadi berbagai jenis benda seperti pajangan, perkakas, aksesoris hingga perlengkapan rumah seperti gagang pintu dan lain sebagainya. Sama seperti cara merawat perhiasan perak agar tetap mengkilap dan terjaga keindahannya, maka Anda juga harus mengetahui cara membersihkan kuningan agar tetap mengkilap dan penampilannya tetap mempesona.

Untuk merawat logam kuningan sangat mudah dilakukan. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Namun Anda juga harus tetap berhati-hati saat membersihkannya, jangan sampai benda kuningan itu tergores atau terjatuh, terutama pada benda kuningan yang memiliki nilai seni serta harga jual yang tinggi. Berikut ini cara membersihkan kuningan yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah :

1. Menggunakan Jeruk Lemon dan Soda Kue
Siapakan 1 buah jeruk lemon dan soda kue secukupnya. Potong jeruk lemon menjadi dua bagian, peras satu bagian dan tempatkan airnya didalam mangkuk. Tambahkan soda kue secukupnya kemudian diaduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada permukaan kuningan dan gosok searah dengan kain yang lembut secara perlahan hingga kuningan terlihat bersih. Gunakan sikat yang berbulu lembut untuk menggosok celah-celah dan bagian yang sulit dijangkau.

2. Menggunakan Cuka Putih dan Garam
Siapkan  2 sendok makan cuka putih dan 2 sendok makan garam. Larutkan kedua bahan tersebut kedalam 500 ml air panas. Basahi permukaan kuningan dengan larutan tersebut, kemudian gosok dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan larutan itu, lakukan secara perlahan hingga kuningan terlihat bersih. Untuk membersihkan area yang sulit terjangkau, gunakan sikat gigi yang berbulu halus. Setelah itu, keringkan dengan kain yang bersih.

3. Menggunakan Saus Tomat
Siapkan saus tomat seperlunya, oleskan pada permukaan kuningan secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, gosok dengan kain yang lembab dan lembut, kemudian keringkan dengan kain yang bersih.

4. Menggunakan Yoghurt
Siapkan yoghurt seperlunya, kemudian oleskan pada permukaan kuningan secara merata dan diamkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan kain yang bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut diatas, Anda juga dapat mengunakan bahan pembersih khusus kuningan yang bisa Anda beli di toko-toko yang menyediakannya, Jangan sembarang menggunakan cairan pembersih dan jangan menggosok kuningan dengan kain yang kasar. karena hal itu dapat merusak keindahan benda kuningan yang Anda miliki.

Itulah Cara Merawat Dan Membersihkan Kuningan yang dapat Anda lakukan. Jangan tunggu hingga warna kuningan memudar dan terlihat kusam. Perawatan yang dilakukan secara rutin akan membuat kuningan selalu terlihat indah mempesona. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook