Rabu, 14 November 2018

Cara Merawat Vacuum Cleaner Agar Awet

Cara Merawat Vacuum Cleaner Agar Awet - Vacuum Cleaner atau alat penyedot debu saat ini semakin banyak diminati sebagai alat kebersihan. Memiliki berbagai macam jenis dan ukuran membuat alat ini bisa digunakan tidak hanya untuk membersihkan lantai saja dari debu, tetapi dapat menjangkau seluruh sudut ruangan termasuk sofa, karpet, perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Namun seperti kebanyakan perangkat electronik lainnya, Vacuum Cleaner juga dapat mengalami kerusakan, apalagi jika tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Menggunakan vacuum cleaner akan sangat membantu mempermudah pekerjaan bersih-bersih yang Anda lakukan. Untuk itu agar Anda dapat terus menggunakan vacuum cleaner dalam waktu yang lama, maka perawatannya harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini tips merawat vacuum cleaner agar lebih tahan lama dan dapat terus digunakan :


Jangan Digunakan Pada Area Yang Basah
Untuk menjaga agar vacuum cleaner tidak cepat rusak, sebaiknya jangan digunakan menghisap di area yang masih basah. Hal itu dilakukan agar butiran-butiran air tidak masuk kedalam mesin yang kemudian dapat menimbulkan korosi dan karat sehingga mengakibatkan vacuum cleaner cepat rusak. Jika area yang akan dibersihkan kondisinya basah, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. Namun jika vacuum cleaner yang Anda gunakan berjenis Wet & Dry maka tidak menjadi masalah, karena vacuum cleaner jenis ini dapat digunakan di area kering dan basah.

Jangan Menghisap Partikel Yang Berukuran Besar
Vacuum cleaner umumnya dirancang untuk menyedot debu atau partikel berukuran kecil. Untuk itu sebaiknya jangan digunakan untuk menyedot atau menghisap partikel yang berukuran besar karena dapat menyumbat Nozzle atau ujung vacuum cleaner. Jika sering tersumbat maka Nozzle akan mudah mengalami kerusakan. Untuk mengatasi partikel besar agar tidak terhisap, maka areanya harus dibersihkan dari kotoran berukuran besar atau menyapunya terlebih dahulu.

Mengganti Kantong Kotoran Secara Berkala
Sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel dan menumpuk di kantong debu dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Gantilah kantong debu vacuum cleaner minimal sebulan sekali. Saat menggunakan vacuum cleaner, untuk membuang debunya jangan menunggu kantong debu terisi penuh. Kantong yang terisi penuh akan mengurangi daya hisap vacuum cleaner sehingga jika hal itu terus terjadi, maka kemampuannya akan semakin berkurang dan akhirnya rusak.

Menjaga Kebersihan Vacuum Cleaner
Seperti perangkat elektronik lainnya yang harus dijaga kebersihannya, vacuum cleaner juga harus terjaga kebersihannya. Bersihkan vacuum cleaner Anda secara rutin, terutama pada bagian filter, pipa dan tentunya kantong debu. Setelah dibersihkan, simpan ditempat yang kering.


Itulah Cara Merawat Vacuum Cleaner Agar Awet yang bisa Anda lakukan. Dengan perawatan yang tepat dan benar, maka vacuum cleaner Anda menjadi lebih awet. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook