Selasa, 13 November 2018

Cara Memperbaiki Pompa Air Listrik Yang Rusak

Cara Memperbaiki Pompa Air Listrik Yang Rusak - Hampir sebagian besar rumah tangga, khususnya yang ada di kota-kota besar telah menggunakan pompa air listrik untuk mengambil air bersih dari dalam tanah guna keperluan sehari-hari. Dengan adanya pompa air listrik, kini mengambil air semakin mudah sebab sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga seperti menggunakan pompa air manual atau sumur. Namun begitu, pompa air listrik juga tidak terlepas dari berbagai masalah kerusakan, untuk itu Anda harus tahu cara mengatasinya.

Kerusakan yang paling umum pada pompa air listrik biasanya terjadi pada pompa air listrik yang telah lama dipakai seperti mati total, air tidak mau keluar, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa masalah kerusakan pada pompa air listrik dan cara memperbaikinya :

Pompa Air Listrik Mati Total
Cara memperbaiki pompa air listrik yang mati total adalah dengan melakukan pemeriksaan arus listrik, dimulai dari sumbernya misalnya dari stop kontak, saklar dan juga kabelnya apakah ada yang putus. Gunakan tespen atau multitester untuk memeriksa ada tidaknya arus listrik. Jika ada tegangan masuk, periksa Switch Water level jika pompa menggunakan tandon air dan Automatic Pressure Switch untuk pompa air yang tidak menggunakan tandon air (pompa air otomatis). Jika terjadi kerusakan pada Switch Water  maka harus segera diganti dengan yang baru. Jika kondisi Switch Water bagus tetapi motor pompa tidak mau hidup, kemungkinan gulungan pada pompa air putus atau therma switch yang berada didalam spul putus atau terbakar. Periksa dengan menggunakan multitester, jika putus atau terbakar, segera lakukan perbaikan.

Pompa Air Listrik Hidup Tetapi Air Tidak Keluar
Cara memperbaiki pompa air listrik hidup tetapi air tidak mau keluar adalah dengan melakukan pemeriksaan pada Foot Klep apakah bocor, karet Foot Klep sudah aus atau ada pasir yang mengganjal. Coba buka tutup pancingan pada blog pompa air, lihat apakah airnya kosong. Jika kosong maka sudah bisa dipastikan bahwa Foot Klepnya bocor. Isi dengan air hingga penuh dan hidupkan pompa airnya, tunggu hingga beberapa saat maka air akan mengalir lagi. Jika setelah pompa air dimatikan beberapa saat air tidak keluar lagi, itu tandanya Foot Klep harus segera diganti, tetapi jika air tetap mengalir lancar, itu artinya Foot Klep hanya terganjal pasir.

Pompa Air Listrik Lemah dan Keluar Airnya Kecil
Cara memperbaiki pompa air listrik  yang lemah dan keluar airnya kecil adalah dengan memeriksa bagian Blog dan Impeler, biasanya terjadi pada pompa air yang menggunakan Impeler dari bahan kuningan. Sisi-sisi Impeler ini mudah sekali tergerus pasir yang mengakibatkan terjadi rongga yang lebar diantara tutup Impeler, Impeler dan blog pompa sehingga sedotan dari pompa menjadi lemah. Untuk mengatasi masalahnya, ganti tutup impeler dan Impelernya selagi blognya tidak patah, atau dengan meratakan kembali tutup dengan Impelernya dengan cara dibubut.

Pompa Air Listrik Hanya Berdengung
Cara memperbaiki pompa air listrik hanya berdengung adalah dengan melakukan pemeriksaan putaran Dynamo apakah berputar normal atau putarannya lemah. Coba putar kipas pada porosnya searah jarum jam dengan menggunakan obeng. Jika putarannya berat, tandanya ada gangguan. Periksa bearing (laker) kemungkinan macet akibat kotoran atau bisa juga blog pompa kemasukan pasir atau kotoran. Periksa juga Capasitornya dengan multitester, jika kondisinya lemah atau mati maka harus segera diganti dengan Capasitor yang baru.


Itulah Cara Memperbaiki Pompa Air Listrik Yang Rusak yang umumnya sering terjadi. Lindungi pompa dari siraman air hujan atau genangan air. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook