Selasa, 06 November 2018

Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu

Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu - Berlian merupakan salah satu batu mulia termahal di dunia. Pesona keindahan berlian mampu menarik minat setiap orang untuk memilikinya, terutama kaum wanita. Mengingat harganya yang sangat mahal maka perlu kehati-hatian dan ketelitian saat ingin membelinya, apakah berlian yang akan dibeli adalah berlian asli atau palsu. Untuk bisa membedakan mana berlian yang asli dan yang palsu maka Anda harus memiliki pengetahuan tentang berlia agar natinya Anda tidak mudah tertipu.

Bagi Anda yang tertarik dengan pesona keindahan berlian dan ingin membelinya, berikut ini cara membedakan berlian asli dan palsu yang dapat Anda lakukan :


Menggunakan Loupe atau Kaca Pembesar
Loupe atau kaca pembesar dapat Anda gunakan untuk mengamati berlian. Coba amati dengan baik, jika berlian asli hasil penambangan alami maka biasanya memiliki kecacatan kecil alami (Inklusi) dan terdapat serpihan kecil mineral lain atau perubahan warna yang sangat halus pada berlian tersebut. Berlian asli juga memiliki ujung tepi yang tajam, sementara yang palsu memiliki ujung tepi yang bulat. Semua hal tersebut dapat Anda lihat dengan loupe atau kaca pembesar.

Menggunakan Tes Pengembunan
Cara ini terbilang mudah yaitu dengan meletakan berlian didepan mulut Anda, kemudian hembuskan nafas Anda kepermukaan datar berlian seperti Anda menghembuskannya ke permukaan cermin agar berembun. Pada berlian yang asli, embun yang menempel pada permukaannya akan segera memudar, sedangkan pada berlian palsu, embun yang menempel akan bertahan beberapa detik.

Memperhatikan Keterbiasan Cahaya Berlian
Berlian yang asli akan membelokan cahaya yang melaluinya sehingga penampilan terlihat sangat terang. Cahaya yang masuk akan terhalangi dan oleh sebab itu jika kamu meletekannya diatas buku, maka tulisan pada buku yang tertutupi oleh berlian tidak akan dapat dilihat atau dibaca. Jika tulisan pada buku itu masih bisa dilihat dan dibaca, maka berlian tersebut adalah palsu.

Memperhatikan Bayangan Berlian
Bayangan berlian yang asli mempunyai pantulan warna keabu-abuan. Coba Anda lihat lurus dari atas berlian, jika Anda melihat pantulan warna pelangi, maka kemungkinan besar berlian tersebut memiliki kualitas yang rendah atau berlian itu palsu. Berlian yang asli juga akan meperlihatkan kilaunya dari berbagai sisi, sedangkan yang palsu biasanya hanya pada bagian atasnya saja.

Menenggelamkan Berlian
Berlian memiliki tingkat kerapatan yang tinggi sehingga akan langsung tenggelam jika dimasukan ke dalam air. Coba isi penuh gelas dengan air kemudian masukan berlian Anda. Jika berlian itu asli maka akan langsung tenggelam, jika palsu maka akan mengapung dipermukaan atau melayang ditengah gelas. Saat melakukan hal ini, berlian tidak sedang diiikat dalam bentuk cincin, liontin, dll.

Memanaskan Berlian
Gunakan korek api untuk memanaskan berlian selama 30 detik kemudian langsung masukan kedalam air dingin, Jika berlian Anda asli, maka tidak akan pecah atau retak, sedangkan jika berlian itu palsu maka akan pecah atau retak seketika itu juga.


Itulah Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Palsu yang bisa Anda lakukan. Yang harus Anda perhatikan adalah belilah berlian di toko permata yang telah terpercaya dan pastikan kalau berlian yang Anda beli telah memiliki Sertifikat yang berasal dari otoritas penilaian seperti LGP, AGSL, PGGL, GIA atau dari organisasi Profesional. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook