Kamis, 26 Januari 2017

Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu

Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu - Emas merupakan logam mulia yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama oleh kaum wanita dalam bentuk perhiasan. Keindahan kilau cahaya yang dipancarkan membuat setiap orang yang memandangnya langsung jatuh cinta. Karena keindahan dan nilai harga jualnya yang tinggi, maka banyak orang yang mencari keuntungan dengan cara memalsukan logam mulia ini. Untuk itu, Anda harus mengetahui perbedaan emas yang asli dengan yang palsu. Berikut ini cara untuk mengetahui keaslian emas :

Memeriksa Fisik Emas
Untuk mengetahui emas yang asli dan yang palsu, maka Anda dapat melihat dan memeriksa fisik emas. Biasanya emas yang asli terdapat label atau tulisan yang menunjukan kadar dari emas itu sendiri seperti dalam karat (10K, 14K, 18K, 22K, 24K)  dan dalam fineness (1-999 atau 0.1-0.999) . Untuk melihat label atau tulisan yang ada dibutuhkan kaca pembesar, sebab umumnya label atau tulisan tersebut berukuran sangat kecil. Jika Anda ragu dengan label atau tulisan yang ada, maka Anda dapat menggosok bagian tepi dari emas itu dengan tangan Anda untuk melihat perubahan warna yang ada, atau lakukan langkah pengujian lainnya.

Menggigit Emas
Mengetahui emas asli atau palsu dapat juga dengan cara menggigit emas. Cara ini terbilang efektif untuk mengetahui keaslian emas. Emas yang asli bila digigit akan meninggalkan bekas gigitan, apalagi jika emas tersebut memiliki kadar 24K, sedangkan emas yang palsu tidak meninggalkan bekas gigitan. Cara ini tentu cukup beresiko, karena selain dapat merusak gigi Anda, hal itu juga akan merusak fisik emas. Jika Anda ragu dengan cara ini, karena bisa saja hanya berupa timah yang dilapisi emas, maka lakukan langkah pengujian lainnya.

Menggunakan Magnet
Mengetahui emas asli atau palsu dengan menggunakan magnet terbilang cukup mudah, sebab hanya dengan mendekatkan emas ke magnet, Anda sudah dapat mengetahui emas tersebut asli atau palsu. Jika emas asli tentunya tidak dapat menempel pada magnet. Cara ini juga belum bisa menjamin keaslian emas, karena bisa saja benda itu hanya berupa logam lain anti magnet yang dilapisi emas, maka lakukan langkah pengujian lainnya.

Menggoreskan Emas Ke Permukaan Keramik
Cara ini cukup efektif untuk mengetahui emas yang asli dan emas yang palsu. Goreskan emas ke permukaan keramik atau lantai keramik, jika terdapat goresan hitam pada permukaan keramik, maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut adalah palsu. Selain keramik, Anda juga bisa menggoreskannya ke permukaan kertas Jika emas tersebut asli, maka tidak akan meninggalkan goresan hitam pada permukaan kertas.

Menggunakan Nitric Acid
Menggunakan Nitric Acid atau yang dikenal dengan istilah "Tes Asam", merupakan cara terbaik untuk mengetahui keaslian emas. Caranya adalah dengan meletakan emas pada sebuah wadah yang terbuat dari stainless Steel. Tuangkan satu tetes Nitric Acid ke permukaan emas, jika tidak menimbulkan perubahan warna, maka emas tersebut adalah asli. Jika memunculkan perubahan warna seperti warna hijau atau putih susu, maka logam itu bukan emas asli.

Itulah Cara Mengetahui Emas Asli Atau Palsu yang dapat Anda lakukan. Untuk menguji keaslian emas, sebaiknya dilakukan di toko emas atau oleh ahlinya. Semoga bermanfaat


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook