Kamis, 04 Mei 2017

Cara Merawat Jas Yang Benar

Cara Merawat Jas Yang Benar - Jas merupakan salah satu model pakaian yang sering digunakan pada acara resmi atau acara formal. Pakaian ini dirancang secara khusus dan dibuat setelan (jas dan celana) dari bahan dan warna yang sama. Jas umumnya digunakan oleh pria pada saat-saat tertentu saja, tapi ada juga yang menggunakannya setiap hari. Harganya yang terbilang cukup mahal membuat setelan jas ini perlu perawatan yang tepat.

Seperti model pakaian lainnya yang memerlukan perawatan, jas juga harus dirawat secara baik agar tidak mudah rusak. Berikut ini tips merawat jas yang bisa Anda lakukan :

Cara Mencuci Jas

Perhatikan dengan baik jenis bahan jas Anda, karena ada beberapa bahan jas yang tidak bisa dicuci dengan sabun deterjen seperti jas yang terbuat dari bahan wol. Untuk jas yang berbahan wol biasanya menggunakan teknik dry-cleaning. Jas berbahan wol tidak dapat dicuci dengan air biasa karena dapat merubah bentuk jas. Untuk itu maka jas Anda yang berbahan wol sebaiknya dicuci di Laundry. Untuk jas yang terbuat dari bahan katun atau safari dapat dicuci dengan menggunakan sabun deterjen, namun jangan dilakukan perendaman terlalu lama agar bahan jas tersebut tidak cepat mengalami kerusakan. Selanjutnya jemur setelan jas Anda dengan cara digantung menggunakan hanger dan posisi bagian sisi dalam berada diluar. Jangan terlalu sering mencuci jas Anda. Cuci jas Anda jika sudah tercium bau yang tidak sedap.

Cara Menyetrika Jas

Untuk menyetrika jas, sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan bahan jas Anda. Untuk menyetrika jas yang terbuat dari bahan wol, sebaiknya menggunakan setrika uap. Untuk menyetrika jas berbahan katun, maka Anda dapat menggunakan setrika biasa. Saat menyetrika, sebaiknya jas dalam keadaan lembab. Letakan kain diatas permukaan jas Anda agar tapak setrika tidak menempel secara langsung pada bahan jas Anda. Sesuaikan panas setrika dengan jenis bahan jas Anda dan hindari adanya lipatan pada jas Anda saat menyetrikanya

Cara Menyimpan Jas

Simpan jas Anda didalam lemari dengan cara digantung menggunakan hanger tapi jangan menggunakan hanger yang terbuat dari kawat atau besi karena dapat merusak struktur bahu jas. Tutup jas dengan plastik atau pembungkus khusus jas agar terhindar dari udara lembab dan debu. Jangan pernah menyimpan jas dengan cara dilipat. Jika jas telah cukup lama berada didalam lemari, sebaiknya keluarkan untuk diangin-anginkan beberapa saat agar tidak berjamur. 

Demikian Cara Merawat Jas Yang benar agar tahan lama. Jangan terlalu sering menggunakan jas yang sama, sebaiknya jika Anda memiliki beberapa jas, gunakan jas Anda secara bergantian satu dengan lainnya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook