Sabtu, 29 April 2017

Cara Merawat Sweater Yang Benar

Cara Merawat Sweater Yang Benar - Sweater merupakan jenis pakaian yang umumnya digunakan saat cuaca dingin atau musim hujan. Namun seiring perkembangan waktu, kini sweater juga digunakan untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih keren dan modis. Seperti jenis pakaian lainnya yang memerlukan perawatan, sweater juga harus dirawat dengan baik agar tidak mudah mengalami kerusakan, khususnya yang terbuat dari bahan wol.

Untuk merawat sweater agar tidak cepat rusak memang membutuhkan perhatian khusus. Jika salah dalam perawatan, maka sweater kesayangan Anda tidak akan dapat berumur panjang. Berikut ini tips merawat sweater yang dapat Anda lakukan :

Mencuci Sweater

- Jangan terlalu sering dicuci
Mencuci sweater setiap kali selesai dipakai dapat mempercepat proses penyusutan dan kerusakan pada sweater. Jangan terlalu sering mencuci sweater, sebaiknya cuci sweater setelah 4-5 kali pemakaian, kecuali sweater Anda terkena noda atau terkena bau yang tidak sedap.

- Jangan menggunakan mesin cuci. 
Mencuci sweater dengan menggunakan mesin cuci sebaiknya jangan dilakukan sebab putaran mesin cuci dapat merusak sweater Anda. Sebaiknya sweater dicuci dengan cara merendamnya dengan larutan deterjen selama 30 menit dan setelah itu langsung di bilas dengan air bersih.

- Jangan dijemur saat masih terlalu basah
Sebelum menjemur sweater yang telah dicuci, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu dengan mesin pengering. Jika tidak ada mesin pengering, Anda dapat meletakannya diatas handuk kering kemudian gulung keduanya secara bersamaan seperti Anda menggulung karpet. Jangan memeras sweater dengan cara dipelintir, karena akan menyebabkannya cepat rusak.

- Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung
Setelah sweater dalam kondisi tidak terlalu basah, jemur sweater Anda namun jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja. Saat mengeringkan, sweater jangan digantung tapi dihamparkan diatas permukaan kain atau handuk.

Menyimpan Sweater

- Jangan menggantung sweater
Simpan sweater Anda didalam lemari dengan cara dilipat atau digulung. Jangan menyimpan sweater Anda dengan cara digantung menggunakan hanger, sebab hal itu dapat merusak bentuk sweater Anda dan membuat sweater menjadi melebar, terutama pada bagian leher.

- Jauhkan dari ngengat
Untuk menghindari gangguan ngengat yang sangat suka memakan wol, tempatkan kamper dekat sweater atau simpan sweater Anda didalam kotak khusus yang terbuat dari kayu cedar.

Demikian Cara Merawat Sweater Yang Benar agar tidak mudah rusak. Segera perbaiki sweater Anda jika terdapat kerusakan agar kerusakan tersebut tidak bertambah parah. Untuk mengatasi serat benang yang bermunculan, Anda dapat menggunakan pisau cukur. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook