Sabtu, 19 Desember 2015

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet

Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet - Jaket kulit merupakan salah satu jenis pakaian luar yang terbuat dari kulit binatang seperti Domba, Sapi, Kerbau dan kulit binatang lainnya. Sekarang ini jaket kulit tidak hanya digunakan oleh para pengguna kendaraan saja, tetapi juga digunakan sebagai salah satu fashion untuk menunjang penampilan. Salah satu kelebihan jaket kulit yang asli adalah terasa sejuk ketika digunakan pada siang hari dan terasa hangat ketika digunakan pada saat cuaca dingin. Umumnya harga jaket kulit dijual dengan harga yang cukup mahal, oleh sebab itu perawatan jaket kulit harus dilakukan secara baik dan benar.

Banyak model jaket kulit yang beredar dipasaran, Anda dapat memilih salah satunya dan menggunakannya sesuai dengan keinginan Anda, baik itu untuk berkendara atau untuk menunjang penampilan Anda. Untuk menjaganya agar tidak cepat rusak dan warnanya tidak mudah memudar, maka  diperlukan penanganan secara tepat. Bagi Anda yang memiliki jaket kulit, berikut ini adalah cara untuk merawatnya :

1. Jangan dicuci menggunakan deterjen dan mesin cuci karena akan membuat kulit jaket menjadi kusut dan dapat terkelupas.

2. Jangan menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang melekat pada jaket karena kulit jaket dapar terkikis dan warnanya dapat memudar.

3. Gunakan kain lembab atau cairan pembersih khusus untuk membersihkan kotoran pada jaket.

4. Jangan digunakan saat hujan karena air yang meresap akan membuat jaket menjadi lembab dan dapat menimbulkan jamur atau bercak-bercak putih serta bau yang tidak sedap. Bila terlanjur terkena air hujan, segera keringkan dengan menggunakan kipas angin agar lebih cepat kering.

5. Jangan menjemur jaket terkena sinar matahari langsung karena akan membuat permukan jaket mudah retak dan kulit jaket menjadi rusak.

6. Jangan disetrika karena akan merusak tekstur dan warna jaket.

7. Jangan menggunakan semir sepatu karena akan membuat warna jaket dapat menjadi kusam.

9. Gunakan lotion khusus atau body lotion untuk menjaga kelenturannya. Olesi lotion secara merata dan biar selama satu jam, setelah itu bersihkan dengan kain lembut. Lakukan  minimal sebulan sekali.

10. Jangan menyemprotkan parfum pada permukaan jaket karena akan membuat kulit jaket menjadi lembab dan akan mudah ditumbuhi jamur.

12. Jangan diletakan begitu saja atau dilipat setelah Anda memakainya. Sebaiknya jaket tersebut digantung menggunakan hanger, tetapi jangan digantung didalam lemari karena dapat menimbulkan jamur.

Itulah Cara Merawat Jaket Kulit Agar Awet  yang dapat Anda lakukan. Dengan memberi perhatian secara khusus pada jaket kesayangan Anda, maka fungsi dan kegunaanya dapat bertahan lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook