Jumat, 24 Februari 2017

Cara Merawat Sofa Agar Tetap Terlihat Baru

Cara Merawat Sofa Agar Tetap Terlihat Baru - Sofa merupakan salah satu penunjang desain interior rumah. Sofa biasanya akan ditempatkan di ruang tamu, namun ada juga yang ditempatkan di ruang keluarga. Selain sebagai tempat untuk duduk, sofa juga digunakan untuk memperindah sebuah ruangan, bahkan lebih dari itu, sofa telah menjadi sebuah simbol kemewahan. Agar sofa yang Anda miliki dapat difungsikan dalam waktu yang lama dan masih tetap terlihat baru, maka sofa harus selalu dirawat dengan baik dan dilakukan secara teratur.

Untuk merawat sofa agar selalu bersih dan terlihat baru, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahan pelapis sofa. Banyak bahan yang digunakan untuk melapisi sofa seperti kulit, kain dan lainnya, yang tentunya cara merawatnya juga berbeda-beda. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat sofa agar tetap terlihat baru :

Merawat Sofa Berbahan Kulit
- Bersihkan selalu debu yang melekat, baik pada bagian permukaan maupun bagian yang sulit dijangkau oleh tangan Anda seperti bagian celah-celah dan area jahitan.
- Gunakan sikat yang berbulu halus atau penghisap debu dengan ujung penghisap dari bahan berbulu halus, hal ini perlu untuk melindungi kulit sofa agar tidak tergores.
- Jangan menggunakan cairan pembersih yang bersifat keras untuk membersihkan kulit sofa karena akan menyebabkan kulit sofa cepat mengalami kerusakan.
- Jauhkan hewan peliharaan Anda seperti kucing atau Anjing dari sofa kulit Anda. Jangan biarkan hewan-hewan tersebut bermain diatas sofa kulit Anda sebab cakarnya dapat merusak kulit sofa.
- Hindari dari terkena sinar matahari secara langsung, sebab efek panas sinar matahari dapat membuat kulit sofa kering dan kulit sofa akan cepat mengalami retak-retak.
- Gunakan pelembab khusus bahan kulit untuk menjaga kelembaban kulit sofa. Body lotion juga dapat Anda gunakan sebagai bahan pelembab alternatif. 
- Bersihkan sofa kulit Anda secara berkala dan teratur

Merawat Sofa Berbahan Kain
- Bersihkan selalu debu yang melekat, baik pada bagian permukaan maupun pada bagian yang sulit dijangkau oleh tangan Anda seperti bagian celah-celah dan area jahitan.
- Gunakan sikat yang berbulu halus, kemoceng atau alat penghisap debu untuk menghilangkan debu yang melekat pada sofa Anda.
- Jika terkena noda, segera bersihkan agar tidak cepat meresap dan mengering. Gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan cuka.
- Jangan menggunakan kain yang terlalu basah untuk membersihkan kotoran yang melekat. Jika sofa tersiram air dan menjadi basah, segera keringkan. Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk mengering area sofa yang basah.
- Untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel pada sofa, Anda dapat menggunakan steam cleaner. Pastikan bahwa Anda telah mengetahui petunjuk penggunaannya dan bahan sofa Anda memungkinkan untuk menggunakan steam cleaner.
- Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan jasa pencuci sofa profesional untuk membersihkan sofa Anda secara keseluruhan.
- Bersihkan sofa Anda secara berkala dan teratur.

Demikian Cara Merawat Sofa Agar Tetap Terlihat Baru yang bisa Anda lakukan. Sofa yang selalu bersih akan membuat ruangan Anda selalu terasa nyaman. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook