Cara Menyembunyikan Formula Excel - Sebagai pengguna Excel, baik versi 2003, 2007, 2010 atau versi terbaru, tentunya Anda telah mengetahui formula atau rumus-rumus yang terdapat pada Excel dan bagaimana menggunakannya. Fomula atau rumusan yang Anda buat biasanya akan terlihat pada Formula Bar, namun karena alasan pribadi atau agar user lain tidak bisa melakukan edit, maka Anda dapat menyembunyikan rumus Excel yang Anda buat.
Untuk menyembunyikan rumus Excel sangat mudah dilakukan. Silahkan buat data beserta rumusannya sesuai keinginan Anda, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pilih salah satu atau blok semua cell yang formulanya ingin disembunyikan.
2. Pada tab Home-Cells, klik "Format", selanjutnya klik "Format Cells".
3. Pada jendela Custom Lists, klik "Protection".
4. Beri tanda centang pada kotak "Hidden", kemudian klik "Ok".
5. Kembali pada tab Home-Cells, klik "Format", selanjutnya klik "Protect Sheet".
6. Pastikan kotak "Select locked cells" dan "Select unlocked cells" telah tercentang.
7. Buat password Anda, klik "Ok".
Setelah melakukan konfirmasi password, maka formula Excel tidak akan terlihat oleh user. Jika ada yang ingin mencoba melakukan edit, maka akan muncul peringatan berikut ini :
Untuk menampilkan kembali formula yang telah disembunyikan, lakukan hal berikut ini :
1. Pilih salah satu atau blok semua cell yang formulanya ingin ditampilkan.
2. Pada tab Home-Cells, klik "Format", kemudian klik "unprotect sheet".
3. Masukan password Anda, kemudian klik "Ok".
4. Hilangkan tanda centang pada kotak Hidden (ikuti cara 2-4), kemudian klik "Ok".
Demikian Cara Menyembunyikan Formula Excel yang dapat Anda lakukan. Dengan cara ini, maka user tidak bisa melihat dan mengedit rumus excel Anda. Semoga bermanfaat.