Jumat, 12 Mei 2017

Cara Merawat Mutiara Yang Tepat

Cara Merawat Mutiara Yang Tepat - Mutiara merupakan sejenis batu permata yang umumnya berbentuk bulat yang berasal dari dalam mantel seekor Kerang Mutiara (Moluska). Mutiara telah lama dijadikan sebagai aksesoris atau perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, dan lain sebagainya. Aksesoris atau perhiasan dari mutiara banyak disukai dan digunakan orang, khususnya para wanita yang ingin selalu tampil modis dan elegan. Kilauan sinarnya yang cerah dan sangat indah, membuat mutiara memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Namun begitu, keindahan mutiara bisa memudar jika tidak terawat dengan baik.

Mutiara yang tidak terawat dengan baik akan terlihat kusam dan tidak menarik perhatian. Bagi Anda yang memiliki mutiara, tentu tidak ingin melihat mutiara Anda menjadi kusam. Untuk itu maka Anda harus selalu merawat mutiara Anda secara baik. Berikut ini langkah-langkah merawat mutiara yang dapat Anda lakukan :

Menggunakan Mutiara

Untuk menggunakan mutiara, sebaiknya Anda lakukan setelah Anda berdandan seperti menggunakan make-up, hair spray atau parfum. Hal itu untuk menghindari dampak dari bahan kimia terhadap mutiara Anda. Bahan kimia dapat menimbulkan korosi pada mutiara, sehingga mutiara akan terlihat kusam dan timbul bercak karat.

Membersihkan Mutiara

Untuk membersihkan mutiara tidak bisa dilakukan sembarangan, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan seperti bahan-bahan yang digunakan. Jangan menggunakan pembersihan dari bahan-bahan kimia. Membersihkan mutiara cukup hanya dengan menggunakan air dan sabun yang lembut seperti sabun pencuci tangan. Gosok mutiara secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembut dan air sabun. Setelah terlihat bersih, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain bersih yang kering dan juga lembut. Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus mutiara, atau Anda bisa membawanya ke jasa profesional pencuci mutiara.

Menyimpan Mutiara

Simpan mutiara secara terpisah dari perhiasan-perhiasan Anda yang lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan goresan pada mutiara Anda. Sebaiknya simpan mutiara Anda didalam wadah khusus yang terbuat dari bahan beludru atau sutra.

Demukian Cara Merawat Mutiara Yang Tepat agar keindahan kilauan sinarnya tetap terjaga dengan baik sehingga Anda dapat selalu menggunakannya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook