Selasa, 27 Desember 2016

Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer

Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer - Keylogger adalah sebuah program yang digunakan untuk merekam semua aktifitas penekanan tombol keyboard (Keystroke Logging). Keylogger dapat digunakan untuk kebaikan seperti mengawasi kegiatan komputer anak atau memantau produktivitas karyawan, dan untuk kejahatan seperti pencurian data-data penting atau user name dan password. Keylogger bisa berupa hardware yaitu sebuah alat yang biasanya dipasang di ujung kabel keyboard, dan berupa software yaitu sebuah program yang terpasang didalam komputer dan bekerja secara tersembunyi.

Untuk mengatasi keylogger yang digunakan untuk kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti mencuri password email, password social media, dan lain sebagainya, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

Mengetahui Keylogger

- Bila Anda menggunakan komputer di warnet, sebaiknya perhatikan ujung kabel keyboard yang terhubung ke CPU, apakah ada soket tambahan atau tidak. Jika terdapat soket tambahan atau colokan hitam di CPU yang digunakan untuk sambungan kabel keyboard, kemungkinan itu adalah keylogger berupa hardware yang sengaja dipasang. Cabut soket atau colokan tersebut.

- Tekan Ctrl+Alt+Del, kemudian klik "Start Task Manager", atau klik kanan pada Taskbar, kemudian klik "Start Task Manager". Pada jendela Task Manager, pilih "Processes". Perhatikan, apakah ada keylogger, jika ada keylogger, pilih keylogger kemudian klik "End Process".

- Tekan Ctrl+Shift+Alt+F8. Jika ada keylogger, maka akan muncul windows baru. Selanjutnya, silahkan tutup aplikasi keylogger yang ada.

Menghindari Keylogger

- Gunakan On-Screen Keyboard
Untuk menghindari perekaman yang dilakukan oleh keylogger, sebaiknya Anda selalu menggunakan On-Screen Keyboard atau keyboard visual pada saat Anda mengetikan sebuah password atau data penting lainnya. Berikut ini cara menampilkan On-Screen Keyboard :

Klik Start > All Program > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard

- Gunakan Huruf Acak Saat Mengetik Password
Jika Anda ingin mengetikan password email atau password penting lainnya, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetikan huruf atau angka secara acak. Misalnya password Anda "burung", maka tuliskan password Anda seperti berikut : a123bub456ruc789ng. Setelah menuliskan password tersebut, langkah selanjutnya memblok angka a123 kemudian tekan tombol Delete, blok angka b456 kemudian tekan tombol Delete, blok angka c789 kemudian tekan tombol delete, sehingga yang tersisa hanya tulisan "burung", yang merupakan password Anda.

- Gunakan Keylogger Beater Untuk Mozilla Firefox
Jika Anda selalu menggunakan Mozilla Firefox untuk aktifitas online Anda, maka sebaiknya Anda memasang add-on "Keylogger Beater" untuk mengantisipasi adanya keylogger. Keylogger Beater berfungsi untuk mengacak data-data yang diterima keylogger, misalnya Anda menekan tombol A pada keyboard Anda, maka yang terkirim ke keylogger adalah Z. Orang yang telah memasang keylogger pada komputer Anda hanya akan menerima data yang sudah diacak. Berikut ini cara memasang add-on "Keylogger Beater" di Firefox :

- Kunjungi : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/keylogger-beater/
- Klik "+Add to Firefox", kemudian "Install", muat ulang Firefox dan selesai.

Demikian Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer yang bisa Anda lakukan. Lindungi komputer Anda dengan anti virus yang selalu update. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook