Selasa, 11 Oktober 2016

Cara Mengobati Kurap Secara Alami

Cara Mengobati Kurap Secara Alami - Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur (dermatofitosis). Gejala yang ditimbulkan adalah muncul ruam kemerahan berbentuk bulat seperti luka parut dan terasa sangat gatal. Kurap dapat menyerang  semua bagian tubuh termasuk kulit kepala dan selangkangan. Penyakit kurap mudah menular melalui sentuhan kulit secara langsung dengan penderita kurap, melalui benda-benda yang telah terkontaminasi jamur kurap, dan juga melalui hewan peliharaan yang terkena kurap.

Selain menggunakan obat anti jamur yang dapat Anda beli di apotik atau di toko-toko obat, cara menghilangkan penyakit kurap juga dapat dilakukan seperti cara alami menyembuhkan panu yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengobati penyakit kurap yang dapat Anda gunakan :

Menggunakan Lengkuas
Tanaman rempah yang satu ini memiliki zat anti jamur yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur kurap. Siapkan lengkuas secukupnya, kemudian dimemarkan. Tempelkan lengkuas yang sudah dimemarkan tersebut pada area kulit yang terkena kurap dan biarkan untuk beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

Menggunakan Bawang Putih
Sama seperti lengkuas, bawang putih juga memiliki zat anti jamur yang berguna untuk mengatasi infeksi jamur kurap. Siapkan bawang putih secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Tempelkan bawang putih yang sudah halus tersebut pada area kulit yang terkena kurap. Anda juga dapat menempelkan irisan bawang putih secara langsung. Lakukan secara rutin.

Menggunakan Minyak Kelapa
Banyak khasiat dari minyak kelapa yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit kurap. Siapkan minyak kelapa yang masih segar, oleskan minyak kelapa secara merata pada area kulit yang terkena kurap. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

Menggunakan Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang berguna untuk mengatasi jamur dan mencegah perkembangan jamur. Oleh karena itu, kunyit dapat digunakan untuk mengobati penyakit kurap. Siapkan kunyit secukupnya, cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tempelkan kunyit yang sudah halus tersebut pada area kulit yang terkena kurap. Biarkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin.

Menggunakan Minyak Zaitun
Selain berguna sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kurap. Siapkan minyak zaitun secukupnya, oleskan secara merata pada area kulit yang terkena kurap. Diamkan untuk beberapa saat, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga kurap menghilang.

Menggunakan Tanaman Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya tidak hanya mampu menyuburkan rambut, tapi juga mampu mengatasi infeksi jamur kurap. Siapkan tanaman lidah buaya secukupnya, potong dan ambil bagian dalam/gel tanaman lidah buaya. Oleskan gel tersebut pada area kulit yang terkena kurap. Biarkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin.

Menggunakan Belerang
Belerang telah lama dikenal sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, salah satunya dapat digunakan untuk mengobati kurap. Siapkan belerang bubuk secukupnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental/menjadi pasta. Tempelkan pasta belerang tersebut pada area kulit yang terkena kurap. Biarkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Anda juga dapat menggunakan belerang cair yang dapat Anda beli di toko-toko obat.

Demikian Cara Mengobati Kurap Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan adalah cara yang baik untuk menghindari serangan jamur. Hindari menggaruk kurap agar tidak menyebar ke area tubuh yang lain. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook