Selasa, 12 Mei 2015

Cara Memilih Jilbab Untuk Dipakai Sendiri

Cara Memilih Jilbab Untuk Dipakai Sendiri - Jilbab merupakan salah satu penutup kepala/rambut yang sangat dianjurkan bagi para muslimah untuk menggunakannya sebagai syarat untuk menutupi salah satu auratnya. Jilbab juga merupakan rangkaian dari busana muslim yang sekarang ini hadir dengan berbagai mode yang fashionable. Penggunaanya tidak hanya sebatas penutup kepala/rambut (aurat wanita) saja, tetapi telah menjadi salah satu penunjang penampilan bagi kaum wanita. Namun demikian, pemakaiannya haruslah tetap mengacu pada tuntunan syariat Islam yang telah ditetapkan.

Sebagai seorang wanita muslim, ada baiknya Anda segera menggunakan jilbab, jangan selalu menundanya. Selain dapat melindungi sebagian aurat (kepala/rambut) Anda, jilbab juga dapat membuat Anda terlihat lebih menarik dan cantik. Berikut ini adalah beberapa cara memilih jilbab :

1. Sesuaikan dengan bentuk wajah Anda
Jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah, akan membuat orang yang memakainya tampak lebih manis. Bagi yang memiliki bentuk wajah bulat, gunakan jilbab yang dilengkapi dengan topi (Undercaps). Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah lonjong/panjang, gunakan jilbab segitiga dengan dalaman (Ciput) bercepol atau konde. Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah persegi, gunakan jilbab Paris atau jilbab model segi empat dengan dalaman yang disesuaikan tanpa cepol atau konde. Bagi yang memiliki wajah Oval, bebas menggunakan jenis jilbab apa saja.

2. Sesuaikan dengan warna kulit Anda
Jilbab yang disesuaikan dengan warna kulit, akan membuat orang yang memakainya terlihat lebih anggun. Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang, gunakan jilbab yang berwarna maroon, pastel, gading, biru tua atau ungu. Bagi Anda yang memiliki kulit kuning langsat, gunakan jilbab yang berwarna pink, merah, atau biru. Bagi Anda yang memiliki kulit putih, gunakan jilbab yang berwarna mencolok seperti hitam, biru, merah atau ungu. Bagi Anda yang memiliki kulit hitam, gunakan jilbab yang berwarna emas, silver, pastel atau kuning.

3. Memilih bahan jilbab
Untuk kenyamanan Anda saat menggunakan jilbab, sebaikya perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat jilbab. Hindari memilih jilbab dengan bahan yang tebal agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik, dengan begitu rambut serta kulit kepala Anda akan tetap segar. Hindari memilih bahan yang transparan agar rambut Anda tidak tampak terbayang. Cobalah untuk memilih jilbab yang terbuat dari bahan katun, polywool, atau polyspun, agar Anda merasa nyaman saat bepergian.

Itulah beberapa cara memilih jilbab untuk dipakai sendiri. Jilbab yang Anda gunakan tidaklah harus yang harganya mahal, yang terpenting adalah niat Anda dalam menggunakan jilbab bukanlah untuk pamer, tetapi benar-benar untuk menjalankan syariat Islam.

"Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka dan...(QS. An-Nur : 31)".

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook