Kamis, 14 Mei 2015

Cara Untuk Mengatasi Bau Mulut

Cara Untuk Mengatasi Bau Mulut - Bau mulut adalah suatu kondisi dimana mulut mengeluarkan aroma yang tidak enak bila tercium. Selain dapat mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang diajak bicara, juga dapat membuat penderitanya kehilangan rasa percaya diri atau minder. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya bau mulut seperti gigi berlubang, banyaknya plak gigi atau sariawan. Faktor lain yang sering menyebabkan timbulnya bau tak sedap pada mulut adalah kurangnya perawatan terhadap kebersihan mulut dan gigi.

Bau mulut dapat terjadi pada siapa saja, baik tua maupun muda. Bila sekarang Anda sedang mengalami bau mulut yang tidak sedap, sebaiknya Anda segera mengatasinya. Berikut ini adalah tips mengatasi bau mulut yang dapat Anda lakukan:

Perbanyak minum air putih
Air putih sangat penting bagi tubuh, selain bermanfaat untuk kesegaran tubuh, memperbanyak minum air putih dapat menghindari terjadinya mulut kering. Mulut yang kering dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

Konsumsi buah-buahan
Mengkonsumsi buah-buahan terutama yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu buah seperti Strawbery, Apel, Lemon atau Pir juga dapat membantu mengatasi bau mulut.

Konsumsi sayur-sayuran
Selain mengkonsumsi buah-buahan, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang banyak mengandung serat dapat membantu kesehatan pencernaan Anda. Dengan pencernaan yang sehat, maka dapat membantu menghindari bau mulut.

Selain dari cara diatas, Anda juga dapat mencoba bahan alami untuk bau mulut berikut ini :

Gunakan Daun Sirih dan Lengkuas
Siapkan daun sirh dan lengkuas secukupnya, kemudian rebus keduanya secara bersamaan. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Gunakan Ketumbar
Siapkan 1 sendok makan ketumbar, kemudian rebus dengan air secukupnya, saring rebusan tersebut dan biarkan hingga panasnya berkurang, lalu diminum. Anda juga dapat langsung mengunyah ketumbar tersebut.

Gunakan Jeruk Nipis dan Madu
Siapkan satu buah jeruk nipis, kemudian peras jeruk tersebut kedalam gelas kecil berisi air hangat dan tambahkan madu secukupnya. Aduk campuran tersebut hingga rata lalu diminum. Lakukn hal tersebut pada pagi hari.

Itulah beberapa Cara Untuk Mengatasi Bau Mulut. Untuk menghindari terjadinya bau mulut, jagalah selalu kebersihan mulut Anda dengan cara menggosok gigi secara teratur dan lakukan pemeriksaan gigi Anda secara berkala kepada Dokter ahli. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook