Selasa, 21 April 2015

Cara Membedakan Batu Akik Asli Atau Palsu

Cara Membedakan Batu Akik Asli Atau Palsu - Batu akik merupakan batuan alam yang terbentuk melalui proses vulkanik selama jutaan tahun secara alami pada lapisan bumi. Berasal dari magma cair yang berada diperut bumi dengan tingkat kepanasan mencapai 1.000 derajat celcius, kemudian terangkat kepermukaan tanah dan membeku menjadi bebatuan atau mengkristal. Setelah melalui proses pemotongan dan dipoles sedemikian rupa, maka akan tampak keindahan pada batu akik tersebut. Keindahan batu akik telah banyak disukai orang, sehingga membuat batu akik tersebut memiliki harga yang bersaing.

Bagi mereka yang baru mengenal Batu Akik, umumnya belum bisa membedakan anatara batu akik yang asli dengan yang palsu. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan batu akik asli atau palsu :

1. Membandingkan berat batu
Batu akik asli atau palsu dapat dibedakan dengan cara mengetahui beratnya. Batu akik asli akan terasa lebih berat dibandingkan dengan batu akik yang palsu, dan batu akik yang asli jika dipegang akan terasa lebih padat.

2. Membandingkan suhu batu
Batu akik asli atau palsu dapat dibedakan dengan cara merasakan suhu pada batu tersebut. Batu akik yang asli sacara alami memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan batu akik yang palsu. Cobalah untuk menempelkan batu tersebut ke pipi atau leher Anda, jika batu tersebut asli maka akan terasa dingin.

3. Membakar bagian batu
Membakar batu merupakan cara untuk mengetahui keaslian dari batu akik. Cobalah bakar bagian dari batu akik, apabila bekas dari yang terbakar tersebut terlihat gosong dan susah dihilangkan, maka bisa dipastikan bahwa batu akik itu palsu. Batu akik yang asli jika dibakar akan terlihat seperti berminyak dan jika dihapus akan hilang saat itu juga.

4. Menggesek batu dengan batu lainnya
Menggesek batu akik dengan batu akik lainnya dapat membuktikan keaslian batu akik tersebut. Cobalah untuk menggesekan 2 buah batu akik dengan keras, apabila kedua batu tersebut sama-sama asli maka biasanya akan keluar percikan api. Lakukan cara tersebut ditempat yang kurang cahaya atau ditempat gelap.

5. Memperhatikan serat pada batu
Batu asli biasanya akan memiliki serat alami didalamnya. Cobalah untuk meneropong batu tersebut, bila serat yang ada didalam batu tersebut tidak mengandung gelembung maka bisa dipastikan bahwa batu tersebut adalah asli. Biasanya hal tersebut dilakukan pada jenis batu yang bening.

Itulah beberapa cara membedakan batu akik asli atau palsu. Jika Anda masih ragu untuk menentukan mana batu akik yang asli dan yang palsu, Anda dapat berkosultasi seacar langsung kepada ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook