Selasa, 10 September 2019

Cara Mengetahui Jumlah Tunggakan BPJS

Cara Mengetahui Jumlah Tunggakan BPJS - Bagi setiap peserta BPJS yang telah resmi terdaftar  maka diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulan yang besarnya sesuai dengan kelas perawatan yang telah dipilihnya. Iuran ini harus dibayarkan setiap bulannya paling lambat pada tanggal 10. Bagi peserta yang ikut program BPJS melalui perusahaan tempatnya bekerja, mungkin tidak begitu direpotkan dengan pembayaran iuran BJS ini, sebab sudah dilakukan pembayaran secara kolektif oleh perusahaannya. Namun bagi peserta perorangan atau individu, maka ia harus membayarkannya sendiri sehingga hal ini dapat menyebabkan seringnya terjadi keterlambatan atau lupa membayar yang kemudian menimbulkan tunggakan.

Keterlambatan pembayaran iuran BPJS selama 1 bulan akan mengakibatkan kartu peserta dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Bagi Anda yang tidak ingat sudah berapa lama tidak membayar iuran BPJS dan berapa besar jumlah tunggakan yang harus Anda bayarkan, berikut ini cara mengetahui jumlah tunggakan BPJS Anda :

Baca artikel : Cara Membuat Kartu KIS

Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan
2. Masukan Nomor Kartu peserta Anda.
3. Masukan Tanggal Lahir Anda.
4. Masukan angka validasi yang ada.
5. Klik tombol "Cek".

cek tunggakan bpjs

Melalui Aplikasi Mobile JKN
1. Silahkan unduh aplikasin di Google Play Store.
2. Lakukan pendaftaran.
3. Masuk ke akun JKN Anda.
4. Pilih menu Tagihan, kemudian Premi..

Melalui SMS Gateway
1. Ketikan Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Anda.
- Contoh : Tagihan 0123456789.
2. Kirim ke 087775500400.

Selain cara-cara diatas, Anda juga dapat menelpon langsung ke Care Center BPJS di nomor 155400 dan kemudian menanyakan langsung tagihan atau tunggakan BPJS Anda.


Itulah Cara Mengetahui Jumlah Tunggakan BPJS Kesehatan yang bisa Anda lakukan. Setelah mengetahuinya, segeral lunasi tagihan BPJS Anda. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook