Rabu, 04 April 2018

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha - Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah surat yang menjelaskan bahwa nama orang yang tertera didalam surat tersebut adalah benar penduduk yang tinggal di alamat yang tercantum didalam surat tersebut dan benar memiliki usaha seperti yang disebutkan dalam surat keterangan usaha itu. Surat keterangan usaha ini dibuat oleh aparat yang berwenang seperti Kelurahan atau Kepala Desa dan biasanya digunakan oleh seorang pengusaha sebagai persyaratan mengajukan pinjaman ke Bank atau untuk keperluan-keperluan lainnya.

Surat Keterangan Usaha menjadi sangat penting karena surat ini menyatakan bahwa usaha yang Anda jalankan adalah sah dimata hukum. Sebagai seorang pengusaha, baik besar maupun kecil maka Anda wajib memiliki SKU. Bagi Anda yang belum memiliki surat keterangan usaha, berikut ini langkah-langkah membuat surat keterangan usaha dan persyaratannya :

Menyiapkan Dokumen Yang Diperlukan
Untuk membuat surat keterangan usaha, maka diperlukan beberapa dokumen pendukung yaitu Surat Pengantar RT/RW, KTP asli dan foto copy, foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Surat Pernyataan atau Permohonan. Siapkan semua dokumen-dokumen tersebut dengan benar.

Mendatangi Kantor Kelurahan
Setelah menyiapkan semua dokumen persyaratan pembuatan SKU, langkah selanjutnya adalah datang ke Kantor Kelurahan atau Kepala Desa. Disini Anda akan diminta mengisi formulir pembuatan surat keterangan usaha. Isi secara lengkap dan benar formulir tersebut, setelah selesai serahkan kepada petugas berikut dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan.

Mendatangi Kantor Kecamatan
Setelah surat keterangan usaha yang Anda ajukan telah jadi dan ditandatangani oleh Lurah atau Kepala Desa, selanjutnya bawa surat keterangan usaha itu ke kantor Kecamatan untuk ditandatangani oleh Camat dan di stempel Kecamatan sebagai pengesahan.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Kop Surat
=======================================================================

SURAT KETERANGAN USAHA
 Nomor : .....................

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Kotamadya Jakarta Timut, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                   : ...........................................
No. KTP               : ...........................................
Jenis Kelamin      : ............................................
Tempat/Tgl.Lahir : ...........................................
Agama                 : ...........................................
Pekerjaan            : ............................................
Alamat                  : ...........................................

adalah benar penduduk yang berdomisili di Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Kotamadya Jakarta Timur

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha Bengkel dengan nama Bintang Selatan Motors di wilayah Kotamadya Jakarta Timur. Adapun Surat Keterangan ini dibuat untuk kelengkapan persyaratan Pengajuan Kredit ke Bank.

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan bagi instansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.

Dikeluarkan di : Cawang
Pada tanggal  : 01 April 2017

Kepala Kelurahan Cawang
Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur



 Nama Lurah


Demikian Cara Membuat Surat Keterangan Usaha yang dapat Anda lakukan. Gunakan surat keterangan usaha ini dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook