Jumat, 26 Juni 2015

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Ketombe (Pityriasis Capitis) adalah hasil pengelupasan sel kulit mati di kepala. Pengelupasan tersebut merupakan kejadian alami, dimana hal itu terjadi karena ada pergantian antara sel kulit yang mati dengan yang baru. Yang menjadi masalah adalah jika pengelupasan tersebut terjadi dalam jumlah yang banyak dan disertai dengan iritasi pada kulit kepala. Kulit kepala akan terasa gatal dan apabila digaruk maka akan menimbulkan serpihan-serpihan berwarna putih yang dapat menyebar kemana-mana dan membuat rambut terlihat kotor. Faktor penyebab munculnya ketombe yang berlebihan adalah kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik.

Ketombe dapat merusak penampilan seseorang dan menghilangkan rasa percaya diri bagi penderitanya. Bila Anda memiliki ketombe yang berlebihan, sebaiknya segera diatasi agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari Anda. Cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe. Selain menggunakan shampo anti ketombe, Anda juga dapat melakukan dengan cara-cara alami untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini adalah bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang dapat Anda gunakan :

Menggunakan Jeruk Nipis
Siapkan 2 buah jeruk nipis, lalu masing-masing dipotong menjadi dua bagian. Gosokan potongan-potongan tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Tanaman Lidah Buaya
Siapkan tanaman lidah buaya secukupnya, lalu kupas kulitnya dan ambil bagian daging/gel lidah buaya tersebut. Oleskan daging/gel ke seluruh kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Menggunakan Merang
Siapkan 1 genggam merang (tangkai bulir padi) dan 2 gram daun pegagan. Bakar merang tersebut, lalu dihaluskan kemudian campurkan ke dalam air dan biarkan selama satu malam. Haluskan daun pegagan dan campukan dengan air merang yang telah disiapkan. Gunakan campuran tersebut untuk keramas tanpa menggunakan shampo.

Menggunakan Daun Pandan
Siapkan 7 lembar daun pandan, lalu cuci daun pandan hingga bersih. Haluskan daun pandan tersebut, setelah itu tambahkan dengan 100 ml air matang hingga tercampur rata. Oleskan air pandan tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata sambil dipijit perlahan. Biarkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan atau keramas dengan menggunakan shampo.

Menggunakan Daun Kangkung
Siapkan seikat daun kangkung, lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, peras daun kangkung untuk mengeluarkan sarinya. Oleskan sari kangkung ke seluruh kulit kepala hingga merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Minyak Zaitun
Siapkan minyak zaitun secukupnya. Oleskan minyak zaitun tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata sambil dipijit perlahan. Biarkan selama 30 menit, setelah itu keramas dengan menggunakan shampo yang biasa Anda gunakan.

Menggunakan Minyak Kelapa
Siapkan minyak kelapa secukupnya. Gunakan minyak kelapa tersebut untuk memijat kulit kepala Anda. Setelah itu tutup kepala Anda dengan menggunakan handuk dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini sebelum Anda tidur.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Jagalah selalu kebersihan kulit kepala Anda untuk mencegah munculnya ketombe yang sangat mengganngu kenyamanan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook