Rabu, 24 Juni 2015

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami - Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana darah dalam tubuh melakukan tekanan terhadap dinding arteri hingga memaksa jantung bekerja keras. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan karena dapat mengakibatkan serangan jantung, Stroke, dll. Umumnya penderita tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda atau mengalami gejala, namun ada beberapa hal yang mungkin merupakan gejala awal dari tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, pendarahan dari hidung (mimisan), merasa cepat lelah, mual dan muntah disertai pandangan mata yang kabur dan mati rasa atau merasa kesemutan. Untuk memastikan apakah Anda mempunyai tekanan darah tinggi, sebaiknya lakukan pemeriksaan tekanan darah Anda. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, berikut ini cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat Anda lakukan :

Menjaga pola makan
Makanan dapat menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah. Untuk itu sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, kurangi konsumsi garam dan juga mengurangi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi. Menghindari minuman yang mengandung alkohol dan rokok juga merupakan hal yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya tekanan darah tinggi.

Olah Raga secara teratur
Kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab timbulnya tekanan darah tinggi. Untuk itu sebaikya Anda selalu menjaga kesimbangan berat badan. Cara yang terbaik untuk menjaga keseimbangan berat badan Anda adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Cobalah untuk selalu melakukan olah raga, minimal selama 30 menit setiap hari.

Kurangi Stress
Stres merupakan salah satu pemicu terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu sebaiknya Anda mengurangi tingkat stres Anda dengan melakukan berbagai hal yang dapat menenangkan diri Anda seperti melakukan rekreasi ketempat-tempat yang dapat menghibur Anda, melakukan yoga atau melakukan meditasi. Dengan berkurangnya tingkat stress Anda, maka Anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Makanan untuk menurunkan darah tinggi

Sayuran hijau
Mengkonsumsi sayuran hijau selain dapat menyehatkan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi seperti Bayam, daun Ketumbar atau daun Seledri. Selalu mengkonsumsi sayuran hijau dapat membantu terhindar dari tekanan darah tinggi.

Tomat
Tomat banyak mengandung kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Kandungan tersebut sangat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Cobalah untuk selalu mengkonsumsi tomat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang Merah dan Bawang Putih
Selain digunakan untuk campuran masakan, bawang juga memiliki manfaat bagi kesehatan darah seperti mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah, membantu menghilangkan sumbatan di jantung dan dapat menahan efek buruk yang ditimbulkan oleh tekanan darah tinggi.

Gandum
Gandum memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi dan kesehatan jantung. Gandum umumnya digunakan untuk membuat roti, biskuit atau sereal. Gunakan makanan yang terbuat dari gandum tersebut untuk dikonsumsi secara teratur atau sebagai makanan sarapan Anda.

Itulah beberapa Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami yang dapat Anda lakukan. Cobalah untuk selalu mengontrol tekanan darah Anda agar terhindar dari masalah kesehatan yang lebih buruk seperti serangan jantung dan stroke. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook