Rabu, 10 Mei 2017

Cara Mengatasi Darah Rendah

Cara Mengatasi Darah Rendah - Darah rendah atau hipotensi adalah kondisi tekanan darah yang berada dibawah normal. Tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh kurang darah, pelebaran pembuluh darah, perubahan hormonal, pengaruh obat-obatan, masalah jantung, serangan virus, atau suatu penyakit seperti stroke, diabetes melitus, dll. Gejala yang timbul pada diri seseorang akibat tekanan darah rendah diantaranya mudah pusing, lemas dan keluar keringat dingin, mudah mengantuk, mudah haus, mudah lelah, pandangan berkunang-kunang, konsentrasi menurun, mual atau muntah, dan lain sebagainya.

Seperti pada tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga tidak bisa dianggap remeh sebab dapat membahayakan jiwa penderitanya. Bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah rendah, berikut ini tips mengatasi tekanan darah rendah yang bisa Anda lakukan :

Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh
Penyebab utama darah rendah adalah kurangnya darah didalam tubuh. Untuk mengatasi kekurangan darah didalam tubuh dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang hijau, sayuran hijau seperti bayam, buah-buahan, telur, daging, gandum, susu, dll.

Olah raga secara teratur
Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga akan membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh, dengan begitu aliran darah akan cepat mengalir keseluruh tubuh sehingga tekanan darah dapat menjadi normal kembali.

Memperbanyak minum air putih
Salah satu penyebab dehidrasi pada tubuh adalah kurang minum air putih. Air putih sangat berguna untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. Untuk menghindari tekanan darah rendah, maka sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih setiap hari atau sebanyak 8 gelas per hari. Air putih juga berguna untuk membuang racun dari dalam tubuh dan memperlancar peredaran darah didalam tubuh Anda.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Darah Rendah

1. Madu Murni
Madu telah lama dikonsumsi orang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Madu juga dapat digunakan sebagai obat darah rendah. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya Anda mengkonsumsi madu murni setiap hari. Madu dapat meningkatkan kadar darah didalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

2. Kurma
Selain rasanya yang lezat dan manis, kurma juga bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya Anda mengkonsumsi kurma setiap hari. Kurma dapat meningkatkan kadar darah didalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

3. Kulit Manggis
Kulit manggis dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai jenis penyakit. Kulit manggis juga dapat digunakan sebagai obat darah rendah. Bagi Anda yang memiliki darah rendah, sebaiknya Anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur, baik dalam bentuk jus atau kapsul. Kulit manggis dapat meningkatkan kadar darah didalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

Masih banyak lagi bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menormalkan kembali tekanan darah seperti anggur, wortel, kunyit, dan lain sebagainya.

Demikian Cara Mengatasi Darah Rendah yang bisa Anda lakukan. Jika Anda terlalu sering mengalami tekanan darah rendah, segera periksakan ke Dokter. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook