Senin, 04 Juli 2016

Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog

Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog - Drop Cap (Dropped) adalah huruf pertama kalimat dalam paragraph yang ditampilkan lebih besar. Membuat huruf di awal kalimat berbeda atau menjadi lebih besar dapat membuat artikel Anda terlihat lebih menarik. Penulisan dengan drop cap biasa ditemui pada koran, majalah atau media cetak lainnya. Selain pada media cetak, penulisan dengan drop cap juga dapat Anda lakukan pada artikel blog Anda.

Untuk membuat drop cap pada postingan blog agar artikel tampak lebih menarik, maka hal itu dapat Anda lakukan dengan mudah. Bagi Anda yang ingin melakukannya, berikut ini langkah membuat drop cap yang harus Anda lakukan :

1. Log In ke Blog Anda.
2. Masuk ke menu blog Anda.
3. Klik "Template".
4. Klik "Edit HTML".
5. Klik "Format template".
6. Temukan kode ]]></b:skin>
7. Copy kode dibawah ini, kemudian paste tepat diatas kode ]]></b:skin>

.dropcaps {
 color: #000;
 float: left;
 font-family: "Century";
 font-size: 350%;
 line-height: 40px;
 padding-right: 3px;}

- Century adalah model huruf, silahkan ganti sesuai keinginan Anda.
- 40px adalah tinggi huruf, silahkan ganti sesuai keinginan Anda.

8. Simpan.

Selanjutnya agar huruf diawal kalimat menjadi besar sesuai dengan yang Anda inginkan, maka tempatkan huruf pertama Anda pada kode : <span class="dropcaps">huruf pertama</span>

Contohnya jika Anda membuat artikel yang diawali dengan kalimat "Sejarah", maka penulisannya menjadi  <span class="dropcaps">S</span>ejarah. Hasilnya akan tampak seperti dibawah ini.


Itulah Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog yang dapat Anda lakukan. Perhatikan tanda kurung tutup } saat Anda meletakan kode di atas ]]></b:skin> agar drop cap yang Anda inginkan berhasil dibuat. Semoga bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook