Sabtu, 05 September 2015

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Baik - Laptop dengan ukurannya yang kecil dan ringan membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya, karena  mudah dibawa dan digunakan di berbagai tempat. Keberadaan baterai pada laptop menjadikan perangkat ini dapat digunakan tanpa harus menghubungkannya dengan arus listrik secara langsung. Namun seiring berjalannya waktu serta lamanya penggunaan laptop, maka baterai pada laptop dapat mengalami pelemahan atau mungkin mengalami keruskan. Untuk itu diprlukan cara merawat baterai laptop agar awet dan dapat berfungsi dalam waktu yang lama.

Untuk merawat baterai laptop aga tidak cepat rusak dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

Jangan menggunakan settingan layar maksimal
Melakukan setting layar pada posisi maksimal akan membuat layar monitor laptop Anda menjadi sangat terang. Layar yang terlalu terang akan banyak memakan daya baterai, sehingga dapat memperpendek usia baterai. Aturlah kecerahan layar laptop pada posisi sedang atau medium.

Menonaktifkan jaringan internet saat tidak diperlukan
Menonaktifkan jaringan internet atau wifi pada saat tidak diperlukan dapat mengurangi pemakaian daya baterai. Sebaiknya nonaktifkan internet/online atau wifi pada saat Anda sedang menggunakan laptop seperti mengetik atau aktifitas lainnya, agar daya baterai laptop Anda tidak cepat melemah.

Menonaktifkan screen saver
Screen saver yang aktif akan banyak mengkonsumsi daya baterai laptop, sehingga membuat daya baterai cepat melemah. Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus, maka dapat memperpendek usia baterai laptop Anda. Sebaiknya Anda menonaktifkan screen saver pada laptop agar daya baterai dapat bertahan lama dan tidak cepat mengalami kerusakan akibat sering terlalu panas.

Hindari menggunakan volume maksimal
Laptop bukanlah sebuah home theater yang dapat mengeluarkan suara dentuman yang keras. Untuk itu maka Anda jangan menggunakan volume pada posisi maksimal. Penggunaan volume yang maksimal dapat meningkatkan penggunaan daya baterai, sehingga daya baterai akan cepat melemah. Aturlah penggunaan volume secukupnya dan gunakan headset yang memadai bila memang diperlukan.

Kurangi program yang berjalan saat startup
Terlalu banyak program yang berjalan pada saat proses startup akan membuat kerja laptop semakin berat, sehingga dapat membebani loading baterai. Matikan program-program yang tidak penting saat proses startup agar tidak mempengaruhi daya baterai. Hal tersebut juga dapat membuat kerja laptop Anda menjadi lebih cepat.

Melepaskan perangkat eksternal saat tidak digunakan
Perangkat eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternal, DVD driver eksternal dan lain sebagainya sangat membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Jika perangkat itu selesai digunakan, sebaiknya Anda segera melepaskannya agar daya baterai laptop dapat bertahan lama dan tidak cepat mengalami kerusakan.

Melakukan update driver dan bios
Melakukan update driver dan bios untuk versi terbaru akan membuat kerja sistem keduanya menjadi lebih maksimal dan daya baterai menjadi lebih tahan lama. Sebaiknya Anda melakukan update driver dan bios laptop Anda, agar semua fitur sistem operasi yang ada dapat melakukan penghematan daya dengan baik.

Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan
Membuka banyak aplikasi dan menjalankannya secara bersamaan akan menguras daya baterai, sehingga daya baterai akan cepat melemah. Untuk itu hindari membuka banyak aplikasi agar daya baterai dapat betahan lama dan kerja laptop tidak lemot. Tutup dulu aplikasi yang telah Anda gunakan, sebelum Anda membuka aplikasi yang lainnya.

Itulah cara merawat baterai laptop yang dapat Anda lakukan. Gunakan laptop Anda secara wajar, sehingga baterai pada laptop Anda dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook