Senin, 07 September 2015

Cara Mengatasi Penyebaran Virus Di Komputer

Cara Mengatasi Penyebaran Virus Di Komputer - Persoalan virus yang menyerang komputer memang tidak ada habisnya. Setiap hari ada saja virus-virus baru yang bermunculan dan menyebar melalui berbagai media untuk kemudian masuk kedalam komputer yang Anda gunakan. Umumnya virus yang masuk ke komputer akan menyerang sistem operasi komputer yang dapat merusak program-program yang ada. Jika virus telah menyebar ke semua drive dan merusak program seperti windows, maka bisa dipastikan kinerja komputer akan semakin melemah dan menyebabkan komputer sering mangalami hang atau bahkan mati total.

Media yang sering mejadi sumber peyebaran virus adalah flashdisk dan jaringan internet. Untuk itu Anda perlu melakukan antisipasi sebelum virus itu masuk ke dalam komputer, menyebar dan merusak sistem operasi komputer Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

1. Mematikan fungsi autoplay atau autorun pada windows
Fitur autorun yang ada pada sistem windows merupakan salah satu sarana yang dimanfaatkan untuk penyebaran virus. Fungsi autorun itu sendiri adalah untuk memudahkan Anda dalam membuka file yang ada di flashdisk, oleh karena itu autorun selalu dimanfaatkan oleh para pembuat virus untuk membantu mempercepat penyebaran virus mereka. Virus telah dirancang untuk menyebar secara otomatis pada komputer yang mengaktifkan fitur  autorun. Bila Anda menancapkan flashdisk yang terinfeksi virus, maka secara otomatis virus akan menyebar. Untuk itu sebaiknya Anda mematikan fungsi autoplay pada windows komputer Anda.

2. Memasang antivirus dan selalu melakukan update antivirus
Gunakan antivirus untuk virus lokal dan antivirus untuk virus luar (internasional). Antivirus lokal digunakan untuk mengatasi serangan virus buatan lokal yang tidak dapat terdeteksi oleh antivirus luar (internasional). Antivirus luar (internasional) digunakan untuk mengatasi serangan virus buatan luar negeri yang tidak dapat terdeteksi oleh antivirus lokal. Namun kedua antivirus itu menjadi tidak bermanfaat kalau Anda tidak selalu melakukan update terhadap antivirus-antivirus itu. Update antivirus berguna agar virus baru dapat segera terdeteksi. Anda dapat menggunakan antivirus yang berbayar atau yang gratis, yang terpenting Anda selalu melakukan update antivirus, baik itu definisi virus atau program anti virus itu sendiri.

3. Melakukan scan virus secara berkala
Adakalanya tanpa disadari komputer Anda telah terinfeksi virus karena pada saat virus masuk kemungkinan antivirus belum update. Untuk itu Anda harus selalu melakukan scan virus secara berkala pada komputer yang Anda gunakan. Lakukan juga scaning terhadap flashdisk yang Anda pasang di komputer sebelum Anda membukannya, apalagi flashdisk tersebut milik teman Anda atau orang lain. Anda juga mungkin lupa kalau Anda telah menggunakan flashdisk Anda di komputer lain sehingga memungkinkan flashdisk Anda terinfeksi virus. Untuk itu lakukan selalu scaning pada setiap flasdisk yang Anda pasang di komputer Anda sebelum Anda membukanya, agar keberadaan virus dapat segera diketahui.

4. Hati-hati saat menggunakan media internet
Salah satu tindak kejahatan yang dilakukan seseorang dengan menggunakan jaringan internet adalah pencurian data dan penyebaran virus. Untuk itu Anda diharuskan selalu waspada bila sedang beraktifitas menggunakan media internet. Jangan memasuki situs-situs yang tidak jelas, hati-hati saat akan melakukan download dan selalu lakukan scaning pada file yang akan Anda download, jangan melakukan klik pada link yang diberikan oleh orang yang tidak Anda kenal, dan aktifkan selalu windows firewall.

Itulah cara mengatasi penyebaran virus di komputer yang dapat Anda lakukan. Lindungi selalu komputer Anda dari serangan virus yang dapat menganggu kenyamanan Anda saat melakukan aktifitas menggunakan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat.


Share artikel... !

Artikel Terbaru

Follow Me On Facebook